Punya Darah Rendah? ini Jenis Buah untuk Naikan Tekanan Darah

Punya Darah Rendah? ini Jenis Buah untuk Naikan Tekanan Darah

Darah Rendah, Pusing, Vertigo |Image oleh kalhh dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Darah rendah atau hipotensi adalah saat ketika tekanan darah seseorang kurang dari 90 mmHg/60 mmHg.

Mereka yang darah rendah umumnya mengeluhkan beberapa gejala seperti nyeri kepala berat, jantung terkadang berdebar kencang, dan perasaan lemas.

Pada darah yang disertai dengan rasa lemas, dapat disertai sensasi dingin pada tungkai (kaki) atas maupun bawah.

(BACA JUGA:Beda Darah Tinggi dan Darah Rendah)

Gak cuma itu, darah rendah juga bisa menyebabkan masalah lain seperti pandangan berkunang-kunang, sesak napas, hingga depresi.

Meski begitu, gejala darah rendah pada satu orang dan lainnya bisa berbeda-beda, termasuk tingkat keparahan dan apa yang mereka rasa.

Apa Bahaya Darah Rendah

Kebanyakan dari kita mungkin sudah sangat familiar, dengan bahaya yang disebabkan oleh darah tinggi atau hipertensi. Namun tidak banyak orang yang menyadari akan bahaya yang juga sebabkan dari hipotensi.

Seperti halnya hipertensi, hipotensi atau darah rendah juga punya efeknya tersendiri terhadap tubuh. Salah satu bahaya yang dimaksud adalah penyebab tingginya, risiko akan abnormaliatas pada aliran darah menuju jantung, otak, dan organ vital lainnya.

Darah rendah juga dapat menyebabkan penumpukan plak pada pembuluh darah, dan memicu masalah kesehatan, seperti gangguan pada jantung.  

Anda salah satu penderita darah rendah? Memeriksakan kondisi Anda secara rutin setiap bulannya, sangat dianjurkan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Dan jika bicara mengontrol darah rendah, ada beberap jenis buah yang dianjurkan untuk penderita darah rendah
Berikut 6 jenis buah yang dianjurkan untuk penderita darah rendah, seperti dikutip FIN dari Alodokter:

Pilihan Buah untuk Penderita Darah Rendah

Kandungan nutrisi tertentu pada buah bisa meningkatkan tekanan darah, sehingga penderita darah rendah dianjurkan untuk mengonsumsinya.

Berikut kata ahli seperti dikutip dari Alodokter: https://www.alodokter.com/kenali-6-pilihan-buah-untuk-darah-rendah

1. Semangka

Menurut ahli, mengkonsumsi buah dengan tinggi kandungan airnya, selain juga kaya akan gizi, seperti vitamin A, vitamin C, magnesium, dan kalium, baik untuk mengontrol darah rendah.

2. Jeruk

Kaya akan asam folat, konsusmsi jeruk bagus untuk produksi sel darah merah, mencegah orang kena anemia yang dapat memicu tekanan darah rendah.

3. Bit

Manfaat buah bit kurang lebih sama dengan manfaat yang ditawarkan buah jeruk.

4. Zaitun

Mengandung garam yang tinggi, konsumsi zaitun dianjurkan untuk mereka yang darah rendah, akan tetapi konsumsinya tetap harus dibatasi.

5. Pepaya

Dan seperti buah jeruk dan bit, papaya juga kaya akan asam folat.

6. Stroberi

Makan stroberi yang kaya asam folat, plus tinggi kandungan air, bisa membantu penderita darah tinggi meningkatkan tekanan darahnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: