Cara Cegah Penuaan dengan Tabir Surya

Cara Cegah Penuaan dengan Tabir Surya

Tabir Surya, Image oleh AdoreBeautyNZ dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Ada alasan mengapa orang disarankan untuk mengoleskan tabir surya atau sunscreen, di bagian area mata bagian bawah.

Tujuannya menurut pakar dermatologi Dr. Arini Astasari Widodo, SpKK, adalah untuk mencegah orang mengalami keriput di area mata.

Ia menjelaskan bahwa area kulit bawah mata biasanya merupakan area yang cepat menunjukkan tanda-tanda penuaan, seperti garis-garis halus. Kulit di sekitar mata membutuhkan lebih banyak pelembap.

(BACA JUGA:Mau Kulit Tampak Awet Muda? Simak Tips Berikut)

Akan tetapi untuk manfaat itu, pastikan bahwa tabir surya yang Anda gunakan, memang sudah diformulasikan khusus untuk area mata.

"Biasanya kami sarankan sunscreen stick (lebih mudah diaplikasikan untuk mata),” kata Dr. Arini Astasari Widodo, SpKK di Jakarta.

“Dilihat lagi apakah sunscreen stick-nya itu diformulasikan boleh untuk mata atau tidak,” sambungnya.

Menurut Arini, salah satu tanda produk tabir surya aman digunakan untuk area sekitar mata khususnya bawah mata yakni tolerable bila terkena keringat.

Manfaat Tabir Surya Itu Banyak

Ketika kita bicara soal sunscreen atau tabir surya, kebanyakan orang akan mengaitkan hal ini dengan manfaatnya mencegah kulit terbakar, saat terpapar panasnya sinar matahari.

Ada juga yang mengaitkan dengan upaya pencegahan penuaan, khususnya mencegah keriput di area mata.
Namun taukah Anda, manfaat tabir surya ini tidak hanya terbatas pada itu saja.

Malahan dengan mengetahuinya, Anda mungkin ingin menggunakan tabir surya lebih sering mulai dari sekarang.

Berikut 3 Manfaat penggunaan tabir surya yang gak cuma mencegah kulit terbakar, seperti dikutip FIN dari Halodoc:

•    Mencegah kerusakan kulit wajah
Sinar matahari tidak hanya menyebabkan kulit terbakar, namun juga meningkatkan risiko orang terkena jerawat, sekali  kerusakan lapisan pelindung kulit alami di area wajah.

•    Mencegah kulit belang
Tidak hanya membantu Anda memilki warna kulit yang merata alias tidak belang, penggunaan tabir surya sekaligus mencegah terbentuknya bintik hitam yang disebabkan paparan sinar UV matahari.

•     Mencegah kulit meradang
Akibat paparan UV matahari, kulit manusia dapat mengalami kondisi bernama radang kulit, di tandai dengan warna kulit yang terlihat memerah dan tidak biasa.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: