Segera Tuntas, Bendungan Terpanjang Asia Tenggara Karya Brantas Abipraya

Segera Tuntas, Bendungan Terpanjang Asia Tenggara Karya Brantas Abipraya

Bendungan Semantok yang dikerjakan oleh PT Brantas Abipraya nantinya akan menjadi bendungan terpanjang se-Asia Tenggara.--(dok.Brantas Abipraya)

JAKARTA, FIN.CO.ID -- Masuk sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN), Bendungan Semantok yang berlokasi di Dusun Kedungpingit, Desa Sambikerep, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur segera tuntas.

Dikerjakan oleh PT Brantas Abipraya (Persero), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang konstruksi, bendungan ini nantinya akan menjadi bendungan terpanjang se-Asia Tenggara.

(BACA JUGA:Dukung G20, Brantas Abipraya Bangun Taman Segara Kerthi)

(BACA JUGA:Brantas Abipraya Raih Tiga Award Governance Risk & Compliance )

Bendungan inipun telah dialiri (impounding) pada 13 Juli dan sesuai kontrak, bendungan ini ditargetkan tuntas Desember 2022.

Dikenal sebagai champion dalam pembangunan bendungan, memperkuat komitmennya sebagai BUMN yang selalu ada untuk Indonesia, melalui Bendungan Semantok Brantas Abipraya berperan aktif mengurangi risiko banjir 30% di Nganjuk dan sekitar.

“Dengan hadirnya Bendungan Semantok ini nantinya dapat mereduksi risiko banjir 137 meter kubik per detik. Brantas Abipraya optimis dapat menuntaskan bendungan ini segera, dan lekas diresmikan agar manfaatnya dapat segera dapat dirasakan masyarakat Kabupaten Nganjuk,” ungkap Miftakhul Anas, Sekretaris Perusahaan Brantas Abipraya.

Anas menambahkan, pada tahap akhir pekerjaan Brantas Abipraya terus melakukan penyempurnaan konstruksi bendungan agar kekuatan struktur terjaga.

(BACA JUGA:Brantas Abipraya Tuntaskan Rumah Susun untuk Pekerja Industri di Batang)

Sebagai upaya mendukung gerakan green initiative, lansekap bendungan pun akan ditanami ribuan pohon jati emas.

Dikatakannya juga bendungan yang bakal memperkuat  ketahanan air dan pangan di Nganjuk dan sekitarnya ini memiliki panjang mercu bendungan 3.100 meter.

Bendungan bertipe urugan random tanah tipe zonal dengan inti tegak ini memiliki tinggi 38,5 meter. Nantinya pun bendungan ini dapat menampung air dengan total volume tampung 32,67 juta meter kubik dan luas area genangan 365 hektar, sehingga nantinya saat musim kemarau bendungan ini dapat menyuplai air.

Jadi masyarakat tak perlu lagi ketakutan akan tertimpa kekeringan di area persawahannya. Hal ini pun juga dapat meningkatkan produktifitas pertanian, karena dapat mengairi irigasi ke hampir 1.900 hektar lahan sawah.

(BACA JUGA:Dukung Akselerasi Kompetensi Tenaga Kerja Konstruksi, Brantas Abipraya dan PUPR Gelar Pelatihan dan Sertifikas)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: