Dukung Akselerasi Kompetensi Tenaga Kerja Konstruksi, Brantas Abipraya dan PUPR Gelar Pelatihan dan Sertifikas

Dukung Akselerasi Kompetensi Tenaga Kerja Konstruksi, Brantas Abipraya dan PUPR Gelar Pelatihan dan Sertifikas

Brantas Abipraya dan PUPR Gelar Pelatihan dan Sertifikasi di IKN--

PENAJAM PASER UTARA, FIN.CO.ID - Siap mendukung pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), PT Brantas Abipraya (Persero) berkontribusi pada kegiatan penyelenggaraan Pelatihan dan Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi (TKK) sebagai bagian dari penyiapan pembangunan inftastruktur IKN di Penajem Paser Utara, Kalimantan Timur oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada Sabtu 27 Agustus.

Diadakan tepat di proyek Bendungan Sepaku Semoi yang sedang dikerjakan oleh Brantas Abipraya, program pelatihan dan sertifikasi ini merupakan upaya meningkatkan kompetensi  SDM di bidang konstruksi yang merupakan salah satu program PUPR dalam mendukung visi misi Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin pada periode 2019-2024.

“Brantas Abipraya akan mendukung penuh program Pemerintah ini sebagai upaya percepatan pemerataan tenaga kerja konstruksi yang bersertifikasi. Diharapkan kegiatan ini nantinya dapat memberikan dampak pada pembangunan infrastruktur IKN, serta turut menggerakkan perekonomian daerah,” ujar Miftakhul Anas selaku Sekretaris Perusahaan PT Brantas Abipraya (Persero).

Peran aktif Brantas Abipraya ini pun mendapat apresiasi dari Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR, Mohammad Zainal Fatah. Kementerian PUPR juga menyampaikan apresiasi setingi-tingginya kepada pemerintah daerah, Otorita IKN dan Badan Usaha Jasa Konstruksi (BUJK) lokal.

Juga termasuk Lembaga Pendidikan Formal Politeknik dan Perguruan Tinggi yang ada di Kalimantan Timur yang sudah berkolaborasi dengan Kementerian PUPR, dalam menyiapkan kebutuhan Tenaga Kerja Konstruksi mendukung pembangunan infrastruktur di IKN, khususnya bagi masyarakat lokal di Kabupaten Penajam Paser Utara dan umumnya Provinsi Kalimantan Timur.

Zainal juga mengatakan bahwa Pelatihan penyiapan TKK untuk infrastruktur IKN dilaksanakan dalam lima tahap yang dimulai sejak Agustus ini hingga Desember 2022 dengan target calon TKK terlatih dan tersertifikasi sebanyak 9.300 orang.

Sebagai tambahan informasi, proyek Bendungan Sepaku Semoi yang menjadi tempat dihelatnya pembukaan sertifikasi dan pelatihan ini keberadaannya nanti bakal dioptimalkan fungsinya untuk menyediakan air baku dan pengendali banjir di kawasan IKN Nusantara dan Balikpapan.

Direncanakan rampung pada tahun 2023, Sepaku Semoi garapan Brantas Abipraya yang dikenal sebagai champion dalam pembangunan bendungan ini nantinya dapat menyediakan air baku di kawasan IKN Nusantara sebanyak 2.000/detik dan kota Balikpapan sebesar 500/detik. Kehadiran bendungan inipun juga mampu mereduksi banjir sebesar 55%.

“Sebagai agen pembangunan, ini adalah bukti komitmen Brantas Abipraya yang selalu ada untuk Indonesia dalam peran aktifnya mendukung peningkatan kompetensi, memberikan nilai tambah pekerja Indonesia. Mengingat saat ini sertifikasi keahlian menjadi hal penting yang dapat meningkatkan produktivitas dan daya saing dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA),” tutup Anas.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: