iOS 16 Sudah Tersedia, Ini Daftar iPhone yang Support

iOS 16 Sudah Tersedia, Ini Daftar iPhone yang Support

iPhone 14 Pro Max, Image Credit: Apple--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Apple akhirnya meluncurkan iOS 16, versi terbaru sistem operasi perangkat Apple yang paling ditunggung-tunggu.

iOS 16 kini tersedia untuk beberapa perangkat iOS yang mendukung sistem operasi ini. Dan model iPhone yang tertua adalah iPhone 8.

Lewat iOS 16, ada cukup banyak pembaruan yang dihadirkan Apple ke, mulai dari screen lock yang dibekali widget, fitur membatalkan dan mengedit iMessage, hingga aplikasi "Home" baru.

(BACA JUGA:Apakah iPhone 14 Series Sudah Gunakan USB-C?)

Namun perlu dicatat di sini, sebagaimana dilaporkan The Verge, peluncuran iOS 16 ternyata tidak dibarengi dengan iPad OS 16.

Itu artinya, pengguna iPhone adalah yang merasakan duluan pembaruan ini, sementara para pengguna iPad harus bersabar untuk beberapa waktu ke depan.

Apple sendiri disebut akan meluncurkan pemberitahuan tambahan, ketika iPad OS baru tersedia untuk diunduh pengguna tablet Apple itu.

Berikut daftar lengkap iPhone yang support iOS 16:
iPhone 14 series (iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, iPhone 14 Pro Max), iPhone 13 series (iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max), iPhone 12 series (iPhone 12, iPhone 12 mini, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max), iPhone 11 series (iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max), iPhone X series (iPhone X, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone XR), iPhone SE generasi kedua dan ketiga, iPhone 8 series (iPhone 8 dan iPhone 8 Plus).

Pembaruan terbanyak terlihat di "screen lock" karena pengguna bisa menambahkan "widget" ke screen lock anda dan widget itu bisa berfungsi layaknya memberi tahu adanya notifikasi yang masuk.

Bahkan nantinya untuk perangkat iPhone 14 Pro, iOS 16 akan membuat widget terlihat seperti notifikasi meski perangkat tidak digunakan karena adanya fitur "Always On Display".

Pembaruan selanjutnya datang dari iMessage, bagi anda yang menyukai fitur ini maka anda akan mencintai fitur terbaru yaitu menghapus dan mengedit pesan.

Pengguna bisa mengedit pesan di iMessage hingga 15 menit setelah melakukan pengiriman pesan, sedangkan untuk fitur menghapus pesan pengguna bisa menghapus pesan apapun hingga dua menit setelah mengirim pesan.

Apple juga menambahkan fitur "tandai sebagai belum dibaca" sehingga pengguna dapat mengingat untuk membalas pesan nanti.

Jika anda penggemar pesan audio, maka anda akan bahagia karena iOS 16 menambahkan kemampuan untuk mempercepat atau memundurkan saat pengguna mendengarkannya.

Salah satu peningkatan terbaik lainnya yang dibawa iOS 16 adalah peningkatan "haptics keyboard" bawaan sehingga pengguna dapat merasakan getaran saat mengetik.

iOS 16 juga menyertakan aplikasi "Home" yang didesain ulang dengan tampilan kamera dan widget baru di layar kunci dan kemampuan untuk mengontrol Apple Watch dari iPhone.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: