Apakah iPhone 14 Series Sudah Gunakan USB-C?

Apakah iPhone 14 Series Sudah Gunakan USB-C?

iPhone 14 Pro Max, Image Credit: Apple--

JAKARTA, FIN.CO.ID - iPhone 14 series telah diluncurkan Apple baru-baru ini. Di beberapa negara, iPhone 14 series mengalami kenaikan harga lebih dari satu juta rupiah.

Namun pertanyaannya, apakah iPhone 14 series sudah menggunakan USB-C sebagaimana yang pernah dirumorkan banyak media.

Well, seperti dilaporkan TechRadar, iPhone 14 series hingga tahun 2022 ini belum juga menggunakan USB-C, konektor yang sudah mulai diaplikasikan oleh banyak produsen smartphone.

(BACA JUGA:iPhone 14 dan iPhone 14 Plus Cuma Pakai Bionic 15, Chipset Keluaran Tahun Lalu)

Malahan, iPhone 14 series masih mengandalkan lightning yang kini sudah berusia 10 tahun, untuk urusan ngecas daya, dan transfer data.

Itu artinya, iPhone 15 series berpotensi jadi iPhone pertama dalam sejarah, yang menggunakan USB-C sebagai konektor.

Apple sendiri tengah dalam tekanan, karena menurut perjanjian EU, seluruh smartphone produksi baru, diwajibkan hadir dengan USB-C.

Salah satu tujuannya, adalah untuk mengurangi limbah yang disebabkan oleh charger perangkat mobile, yang jumlahnya sudah tidak lagi terkira.

Harga iPhone 14 Series

Apple 14 telah meluncur dan harganya ternyata tidak mengalami perubahan dari model sebelumnya, yakni iPhone 13.
Namun kenaikan harga ternyata terjadi di beberapa negara, dan naiknya ternyata cukup lumayan jika dibilang.

Seperti dilaporkan The Verge harga iPhone 14 di Inggris contohnya, naik dari yang tadinya 779 poundsterling (Rp13,3 juta), menjadi 849 poundsterling (Rp14,6 juta), atau sekitar 1,3 juta.

Demikian pula di Jepang sana. Harga iPhone tahun lalu yang tadinya dimulai dari harga 98.800 yen (Rp10,2 juta), kini dijual 779 dolar AS (Rp11,9 juta), atau naik 1,7 juta.

Selain Inggris dan Jepang, harga iPhone 14 juga naik dari harga iPhone sebelumnya di beberapa negara seperti Irlandia, Australia, dan Jerman.

Kenaikan harga ini disebut ada hubungannya dengan kekuatan dolar saat ini. Lebih kuat dari mata uang lainnya, menyebabkan harga iPhone di beberapa negara harus mengalami kenaikan.

Hal ini dipengaruhi oleh faktor inflasi di beberapa negara tersebut terutama Jepang yang dalam satu tahun terakhir menyebabkan Yen melemah hingga 24 persen terhadap kurs dollar.

Putaran kenaikan harga yang berlangsung saat ini pun terbilang tidak universal sebagai contoh untuk iPhone 14, 14 Pro, dan Apple Watch Series 8 semuanya berharga sama dengan pendahulunya di China.

Sementara sebagian besar perangkat sekarang lebih mahal di India, iPhone 14 versi biasa justru dijual dengan harga yang sama seperti iPhone 13 versi biasa seharga 79.900 Rupee (Rp14,9 juta).

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: