Ternyata Ini Alasan PSSI Sebut JIS Belum Layak Untuk Menggelar Laga FIFA Matchday

Ternyata Ini Alasan PSSI Sebut JIS Belum Layak Untuk Menggelar Laga FIFA Matchday

Jakarta International Stadium (JIS).-Screenshot YouTube/ WPS Channel-

JAKARTA, FIN.CO.ID -- Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) menyebut Jakarta International Stadium (JIS) belum layak untuk menggelar laga FIFA Matchday Timnas Indonesia dengan beberapa alasan. 

Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi mengatakan bahwa JIS baru bisa dengan aman menjadi venue laga Timnas Indonesia sekitar 3-5 tahun lagi.

(BACA JUGA:Dipecat Chelsea, Thomas Tuchel Ngaku Kecewa Banget: Saya Merasa Hancur)

(BACA JUGA:Mendadak Tinggalkan Brighton & Hove Albion Bergabung dengan Chelsea, Graham Potter Bikin Surat Terbuka)

"Coba dibayangkan kalau sekian puluh ribu suporter masuk mau nonton. Itu tadi, flownya hanya melalui satu pintu dari akses utama untuk ke dalam. Kemudian, ada beberapa pagar pembatas lantai 2 dan 3 yang Anda lihat itu tidak terlalu kuat. Itu bahaya sekali kalau ada event sepakbola, terlebih lagi timnas yang bermain,"kata Yunus Nusi kepada awak media saat menghadiri acara di Kantor KONI, Jakarta Senin, 12 September 2022.

"Melihat luapan kegembiraan dari suporter yang menggoyangkan pagar dan lain-lain dengan jumlah ribuan orang seperti itu, menurut kami belum waktunya. Mungkin di tiga sampai lima tahun kemudian kita harapkan JIS baru bisa menjadi tempat pertandingan timnas karena kita juga berharap ada disiplin dari kawan-kawan suporter untuk menonton seperti yang diharapkan," ujarnya menambahkan.

PSSI juga sebelumnya membuat pernyataan kontroversial dengan menyebut biaya sewa JIS terlalu mahal, sehingga Timnas Indonesia tak jadi berlaga di stadion itu. 

Setelah melakukan inspeksi, PSSI juga menyebut bahwa beberapa fasilitas, sarana dan prasarana JIS belum memenuhi standar FIFA untuk menggelar FIFA Matchday.

(BACA JUGA:Hasil dan Klasemen Liga 2 2022/2023 Pekan Ketiga: 3 Klub Kuasai Puncak)

(BACA JUGA:Hasil dan Klasemen BRI Liga 1 2022/2023 Pekan ke-9: Persija 4 Besar dan Persib Geser PSS)

Alhasil, PSSI membatalkan rencana Timnas Indonesia berlaga di JIS melawan Curacao pada FIFA Matchday akhir September mendatang. Sebagai calon gantinya, mereka menyiapkan Stadion Pakansari, Bogor, atau Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi.

Dibantah Wagub DKI

Pernyataan PSSI yang menyebut JIS tidak sesuai standar FIFA itu dibantah oleh Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria.

Ditegaskannya, JIS sudah sangat memenuhi standar internasional. Namun, demikian masih tetap membutuhkan penyempurnaan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: