Honda Africa Twin Keluaran Tahun-tahun ini Ditarik Kembali, ECU-nya Bermasalah

Honda Africa Twin Keluaran Tahun-tahun ini Ditarik Kembali, ECU-nya Bermasalah

Honda Africa Twin, Image Credit: Honda --

JAKARTA, FIN.CO.ID - Honda dilaporkan melakukan penarikan kembali atau recall terhadap CRF1100 Africa Twins. Kendaraan roda dua ini disebut mengalami masalah unit kontrol mesin (ECU).

Akibat masalah ini, Honda CRF1100 Africa Twin disebut bermasalah pada transmisi kopling ganda (DCT) motor, dan dilaporkan tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Akibat recall ini, ada sekitar 1.561 unit sepeda motor Honda Africa Twin yang ditarik.

(BACA JUGA:Honda N-Box, Cuma 660 cc tapi Punya Turbo)

Kampanye recall Africa Twin  produksi tahun 2020 hingga 2021 ini, dilakukan di bawah naungan American Honda Motor Co.

"Kesalahan perangkat lunak pada unit kontrol mesin (ECU), dapat memutuskan komunikasi jaringan area pengontrol (CAN) dan melepaskan kopling,” menurut Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) dikutip dari RideApart, via ANTARA.

“(Hal itu) yang dapat mengakibatkan mesin mati atau kehilangan tenaga penggerak”.

Dalam kasus ini, para pemilik Africa Twin melaporkan motor mereka berhenti secara tiba-tiba, belakangan diketahui akibat pada software motor.

Ketika pengguna hendak berhenti berhenti, DCT hanya bisa menarik kopling sepeda motor, namun kemudian tersentak ke depan dan menyebabkan mesin motor mati.

Bahayanya lagi, ECU bisa membuat kesalahan saat sepeda motor sedang bergerak atau berhenti. Hal ini dianggap berpotensi menyebabkan pengendara panik dan menginjak rem agak keras, dikarenakan tidak ada cara untuk melepaskan kopling secara manual.

Untuk mengatasi masalah ini, dealer harus memperbaharui perangkat lunak untuk ECU unit yang terdampak. Pemilik Honda Africa Twin dapat menggunakan layanan ini secara gratis.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: