Anda Cemas dan Susah Tidur? Baca Ini untuk Solusinya

Anda Cemas dan Susah Tidur? Baca Ini untuk Solusinya

Cemas susah tidur, Image oleh 鹈鹂 夏 dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Anda tengah mengeluhkan susah tidur dibarengi dengan perasaan cemas. Akibatnya, Anda kerap begadang semaleman hingga datang pagi hari.

Menurut dr. Riza Marlina, kondisi ini kerap diasosiasikan dengan insomnia, di mana penderitanya juga kerap terbangun dan kesulitan untuk kembali tertidur.

Penyebab insomnia sendiri menurut dr. Riza Marlina, via Alodokter, adalah kebiasaan seseorang tidur siang. Kondisi ini juga bisa disebabkan oleh konsumsi kafein, seperti dari kopi, teh atau minuman berenergi.

(BACA JUGA:Taruh Tanaman Ini di Kamar jika Anda Insomnia)

(BACA JUGA:Stress, Insomnia dan Solusinya)

Mereka yang mengalami gangguan psikologis, seperti contohnya cemas, stress, atau sedang banyak pikiran, kerap berurusan dengan insomnia.

Penyakit asam lambung, konsumsi obat-obatan tertentu, hingga kebiasaan main gadget menjelang tidur, juga dapat memicu insomnia.

Sebab itu, orang yang bermasalah dengan kecemasan, sangat disarankan untuk menghindari kopi dan minuman berkafein lainnya, khususnya menjelang jam tidur.

Mereka yang banyak pikiran juga disarankan untuk berhenti memikirkan masalah hidup mereka. Melakukan teknik pernapasan hingga tiga detik, dan mengeluarkannya setelah itu, dapat membantu memberikan rasa ketenangan yang dibutuhkan.

Meditasi dan yoga kata dr. Riza Marlina, juga efektif dalam mengatasi gangguan tidur di malam hari.

“Matikan lampu, dengarkan musik membuat relikess (dan) jauhi gadget,” tutupnya.

Cara Mengatasi Insomnia Lewat Konsumsi Makanan dan Minuman

Bicara susu hangat, Anda pasti cukup sering melihatnya di televisi atau film-film. Perlu diketahui, susu kaya akan asam amino dan tryptohan, demikian juga madu.

Berkat kandungan ini otak akan dipertintahkan untuk menurunkan kinerja oreksin, memudahkan Anda untuk tertidur.

Dan jika bicara teh kamomil, teh yang satu ini mengandung flavon, sejenis antioksidan yang dapat memicu rasa kantuk pada peminumnya.

Makan nasi dan oatmeal juga dapat memberikan efek kantuk, dan meningkatkan durasi tidur lebih lama, hal ini diungkap ahli pada jurnal Plos One.

Punya maslaah dengan tidur di malam hari, Anda mungkin ingin mencoba tips di atas mulai hari ini.

Sumber: