Jalan Kaki yang seperti Ini Bisa Cegah Penyakit Jantung di Kemudian Hari

Jalan Kaki yang seperti Ini Bisa Cegah Penyakit Jantung di Kemudian Hari

Manfaat berjalan kaki untuk kesehatam (Pixabay)-ilustrasi-

JAKARTA, FIN.CO.ID - Penyakit jantung adalah penyebab kematian tertinggi nomor satu di dunia. Akan tetapi kondisi ini bisa dihindari.

Menurut dokter spesialis jantung dan pembuluh darah dr. Amir Aziz Alkatiri, Sp.JP (K), FIHA, FSCAI, rahasianya adalah pencegahan.

Kata dr. Amir, cara mencegah penyakit jantung adalah dengan menerapkan pola hidup sehat, dibarengi dengan pemeriksaan kesehatan rutin.

(BACA JUGA:Apa Benar Rambut Beruban di Usia Muda Picu Penyakit Jantung Koroner?)

"30 menit sekali jalan sudah sangat cukup, sampai keluar keringat,” kata dokter dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia itu.

Faktor berat badan menjadi sangat penting yang disesuaikan dengan tinggi badan (menjaga IMT tetap normal 18,5-24,9)," ujar dia dalam diskusi RS Medistra HealthTalk bertajuk "Mengenal Penyakit Jantung Koroner".

Penerapan pola makan sehat juga mencakup konsumsi lebih banyak sayuran dan buah-buahan.

Selain itu, membatasi jumlah lemak jenuh dan lemak trans merupakan langkah penting untuk mengurangi kolesterol darah dan menurunkan risiko penyakit arteri koroner.

Tingkat kolesterol darah yang tinggi dapat menyebabkan penumpukan plak di arteri atau aterosklerosis, yang dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Cara Menanak Nasi agar Terhindar dari Penyakit Jantung dan Diabetes

Obesitas adalah salah satu pemicu masalah jantung, diabetes dan banyak lainnya. Karena itu, konsumsi nasi harus sebisa mungkin untuk dikontrol.

Salah satunya cara mengontrol agar konsumsi nasi agar tidak menyebabkan obesitas, adalah dengan memanfaatkan coconut oil dalam menanak nasi.

Cara ini diungkap oleh para peneliti dari College of Chemical Sciences di Sri Lanka tentang bagaimana memotong jumlah kalori sekaligus memotong lemak yang didapat dari konsumsi nasi.

Cara menanak nasi dengan coconut oil ini terbilang sangat mudah, cukup dengan menambahkan coconut oil pada air yang Anda gunakan untuk menanak nasi.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: