Apa Benar Rambut Beruban di Usia Muda Picu Penyakit Jantung Koroner?

Apa Benar Rambut Beruban di Usia Muda Picu Penyakit Jantung Koroner?

Rambut Beruban, Image oleh Renee Olmsted dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Rambut beruban umumnya ditemukan pada mereka yang sudah berumur. Akan tetapi, rambut beruban juga bisa ditemukan pada mereka yang masih berusia muda.

Menurut ahli, penyebab rambut beruban pada usia muda ini bisa disebabkan oleh kekurangan beberapa jenis vitamin.

“Rambut beruban pada usia muda dapat disebabkan karena beberapa hal seperti kekurangan vitamin seperti vitamin B6, B12, biotin, (dan) vitamin D,” kata dr. Riska Larasati seperti dikutip FIN dari Alodokter.

Selain karena kekurangan vitamin, kata dr. Riska, orang yang beruban di usia muda juga bisa disebabkan oleh faktor genetika dan lainnya.

“Kemudian juga dapat dipengaruhi oleh faktor keturunan, kondisi medis tertentu, mengalami stres, kebiasaan merokok, penggunaan produk penata rambut,” jelasnya.

Di luar itu, beberapa jenis penyakit seperti penyakit autoimun, neurofibromatosis, juga dapat berkontribusi pada kondisi seperti rambut beruban di usia muda.

Paparan radikal bebas, hormon, polusi, dan lainnya, kata dr. Riska Larasati, juga bisa menjadi penyebab orang muda punya rambut beruban.

Mereka yang Muda Sudah Ubanan Disarankan Cek Dokter

Pria berusia 30an tahun namun kepala sudah dipenuhi dengan uban, dianjurkan untuk memeriksakan kondisi mereka ke dokter jantung.

Meski uban yang tumbuh di usia 30an tahun adalah normal, namun jika beruban dalam jumlah yang banyak, hal ini dapat menandakan kondisi kesehatan tertentu.

Ya, mereka yang punya uban banyak namun usianya di bawah 35 tahun, punya potensi bermasalah dengan jantungnya.

Menurut studi yang dirilis pada Annual Conference of the Cardiological Society of India ke-69, rambut beruban pada pria dikaitkan dengan risiko penyakit jantung koroner.

Penyakit jantung koroner adalah penyempitan pembuluh darah arteri, yang berpotensi sebabkan serangan jantung.

Selain itu, mereka yang beruban di usia muda, juga dikaitkan dengan stress oksidatif.

Anda salah satu yang beruban di usia muda? Anda mungkin ingin memulai dengan periksa ke dokter spesialis jantung setelah membaca artikel ini.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: