70 Tahun Bertahta, Begini Kisah Hidup Ratu Elizabeth II Pemimpin Inggris Raya

70 Tahun Bertahta, Begini Kisah Hidup Ratu Elizabeth II Pemimpin Inggris Raya

Ratu Elizabeth II (Twitter @ike_father)--

JAKARTA, FIN.CO.ID -- Dunia berduka, Pemimpin Kerajaan Inggris Raya Ratu Elizabeth II meninggal dunia di Balmoral, Skotlandia, pada Kamis 8 September 2022 atau Jumat 9 September 2022 dini hari WIB. 

Ratu Elizabeth II meninggal dalam usia yang ke 96 tahun. Diketahui, pemegang tahta kerajaan Inggris sejak tahun 1952 itu dikabarkan sakit, sebelum akhirnya dinyatakan meninggal dunia hari ini. 

(BACA JUGA:BREAKING NEWS: Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia di Usia 96 Tahun)

(BACA JUGA:Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia, Legenda Timnas Inggris: Seorang Wanita yang Benar-benar Luar Biasa)

Ratu Elizabeth II termasuk satu di antara sedikit penguasa Inggris yang memerintah dalam jangka waktu sangat lama sejak ditahtakan.

Tercatat ia bertahta selama 70 tahun, periode 1952-2022, dimana Ratu Elizabeth II menggantikan Raja George VI. 

Ratu Elizabeth II memiliki nama lengkap yaitu Elizabeth Alexandra Mary. Ia dilahirkan 21 April 1926, dan menjadi Ratu bagi monarki konstitusional 16 negara Persemakmuran, dan Ketua bagi 54 anggota Persemakmuran.

Ratu Elizabeth II juga merupakan Gubernur Agung Gereja Inggris. Setelah naik tahta pada 6 Februari 1952, Ratu Elizabeth menjadi Ketua Persemakmuran sekaligus ratu dari tujuh Alam Persemakmuran (Commonwealth Realms) merdeka.

(BACA JUGA:Ratu Elizabeth II Meninggal, Ozzy Osbourne Berduka)

(BACA JUGA:Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia, Inggris Tetapkan Masa Barkabung Nasional 12 Hari)

Yaitu meliputi Britania Raya, Kanada, Australia, Selandia Baru, Afrika Selatan, Pakistan dan Sri Lanka. Sejak 1956 hingga 1992, jumlah Alam Persemakmuran bervariasi dan beberapa wilayah merdeka bertransformasi menjadi negara republik.

Saat ini, selain empat negara pertama yang disebut di atas, Elizabeth juga merupakan Ratu dari Jamaika, Bahama, Grenada, Papua Nugini, Kepulauan Solomon, Tuvalu, Saint Lucia, Saint Vincent dan Grenadines, Belize, Antigua dan Barbuda, serta Saint Kitts dan Nevis .

Masa pemerintahannya selama 70 tahun merupakan masa pemerintahan terlama dalam sejarah Monarki Britania Raya melampaui masa pemerintahan nenek buyutnya, Ratu Victoria, yang memerintah selama 63 tahun.

Elizabeth lahir di London dan menempuh pendidikan secara privat. Ayahnya naik tahta sebagai Raja George VI pada 1936 setelah pamannya, Edward VIII, melepaskan takhta.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: