Baru 7 Persen Penduduk Indonesia Memiliki Sanitasi Aman, UNICEF Komitmen Beri Dukungan

Baru 7 Persen Penduduk Indonesia Memiliki Sanitasi Aman, UNICEF Komitmen Beri Dukungan

Chief Of WASH UNICEF Kannan Hadar (tengah)-Rikhi Ferdian untuk FIN.CO.ID-

TANGERANG, FIN.CO.ID -- UNICEF berkomitmen untuk membantu pemerintah Indonesia dalam mencapai penyediaan sanitasi aman bagi masyarakat.

Diketahui, berdasarkan data UNICEF baru sekitar 7 persen saja penduduk di Indonesia yang memiliki sanitasi aman. Namun demikian, 80 persen penduduk di Indonesia saat ini sudah memiliki akses sanitasi layak. 

(BACA JUGA:Tak Bisa Bangun karena Sakit, Pemilik Rumah Ikut Terpanggang dalam Kebakaran di Tangerang)

(BACA JUGA:Heboh Pelajar SMP di Tangerang Terjang Banjir saat Pulang Sekolah )

Chief of WASH UNICEF Indonesia Kannan Nadar mengatakan, buangan dari manusia yang belum bisa dikelola dengan baik akan berdampak pada lingkungan dan kesehatan. 

Terutama pada sumber-sumber air yang menjadi sumber air minum. Sehingga, buruknya pengelolaan sanitasi berdampak buruk juga bagi manusia terutama anak-anak. 

"Maka untuk itu UNICEF akan terus berkomitmen untuk mendukung Indonesia di dalam mencapai menyediakan sanitasi Aman. Sayangnya capaiannya masih sangat-sangat rendah masih satu digit saja (7 persen)," kata Kannan kepada wartawan usai acara CSS XX di ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis 8 September 2022.

Diungkapkan Kannan, dalam mendukung capaian target sanitasi aman di Indonesia, UNICEF menyediakan peta jalan (road map) sanitasi yang saat ini tengah disusun bersama kementerian terkait. 

(BACA JUGA:Gegara Hindari Banjir, Warga Cibadak Tangerang Tewas Setelah Terjatuh dari Atas Jembatan )

(BACA JUGA:Tegas! Bupati Zaki Bakal Copot Kepsek di Kabupaten Tangerang Yang Tidak Perhatikan Sanitasi di Sekolah)

Dalam road map sanitation tersebut, pihaknya sudah merumuskan target akses universal sanitasi guna memandu keseriusan daerah membenahi persoalan sanitasi seperti sampah dan air bersih. 

"Kita juga akan mengupayakan untuk memperkuat kolaborasi dari berbagai pihak. Termasuk kolaborasi dengan pihak swasta, dengan anak-anak muda, karena semua harus saling berkontribusi," tuturnya

Kannan juga mengatakan, UNICEF juga akan meningkatkan upaya monitoring ke daerah untuk memastikan target capaian sanitasi aman bagi masyarakat secara nasional ini bisa tercapai. 

Saat ini UNICEF juga tengah mengembangkan INCUBITS atau WASH Innovation Hub yakni inovasi-inovasi atau perkembangan terkait pengelolaan air minum dan sanitasi dengan aman. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: