Elektabilitas Airlangga Tinggi, Jika Dipasangkan dengan Dua Gubernur Ini Jadi Capres Teratas

Elektabilitas Airlangga Tinggi, Jika Dipasangkan dengan Dua Gubernur Ini Jadi Capres Teratas

--

JAKARTA, FIN.CO.ID -- Survei Warna Institute menempatkan nama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto sebagai calon presiden teratas jika dipasangkan dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo maupun Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Direktur Eksekutif Warna Institute Rinjani Dwi Harini menuturkan, dalam simulasi Airlangga-Ganjar, pasangan calon ini dipilih terbanyak responden dengan 40,8 persen.

(BACA JUGA:Terima Kunjungan Giring Ganesha dan Elite Partai, Airlangga Sebut Golkar-PSI Sedang PDKT)

(BACA JUGA:Golkar Ketemu PSI, Airlangga dan Giring Bahas Bahas Kondisi Sosial Politik Jelang Pemilu 2024)

“Jika dipasangkan sebagai capres dan cawapres, didapati dari hasil survei pasangan Airlangga Hartarto-Ganjar Pranowo menjadi pasangan yang paling banyak dipilih dengan tingkat keterpilihan 40,8 persen,” tutur Rinjani dalam paparan surveinya, Kamis, 1 September 2022.

Di simulasi ini, paslon urutan kedua ditempati Prabowo Subianto-Muhaimin Iskandar dengan 20,1 persen. Sementara di urutan ketiga, muncul nama pasangan Anies Baswedan-Puan Maharani yang dipilih sebanyak 16,2 persen dari 2.200 responden.

Rinjani menambahkan, dalam simulai tiga nama lain, Airlangga yang dipasangkan dengan Anies Baswedan juga menjadi paslon paling banyak dipilih. Airlangga-Anies dipilih sebanyak 32,4 persen responden.

Sementara di urutan kedua, Prabowo Subianto-Andika Perkasa dipilih sebanyak 31,1 persen, disusul Ganjar Pranowo-Puan Maharani dengan 20,3 persen.

(BACA JUGA:Airlangga: Ilmu dan Pengalaman para Senior Bisa Jadi Bekal Kader Muda Golkar)

Menurut Rinjani, kemenangan Airlangga ini didukung dengan elektabilitas Ketum Golkar yang tinggi dalam survei yang sama. Warna Institute menemukan, sebanyak 29,2 persen responden memilih Airlangga jika pilpres digelar saat survei.

Di urutan kedua, muncul nama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang juga Ketua Umum Partai Gerindra yang dipilih 24,7 persen responden.

Di urutan selanjutnya, muncul nama Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dengan 10,7 persen, Ganjar Pranowo (6,2 persen), dan Anies Baswedan (4,2 persen).

Tingginya elektabilitas Airlangga ini dipengaruhi dengan penilaian publik terkait kinerja para tokoh publik. Pada pertanyaan ‘tokoh mana yang kebijakan dan programnya paling dirasakan memberi dampak pada kehidupan masyarakat?’ nama Airlangga muncul di urutan teratas dengan 79,4 persen jawaban responden.

(BACA JUGA:Daftar di KPU, Airlangga: Golkar Partai Pemenang Terbanyak di Pemilu Indonesia)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: