Apa Boleh Kucing dan Anjing Diberi Makan Tulang? Jawabannya Tidak seperti yang Anda Kira

Apa Boleh Kucing dan Anjing Diberi Makan Tulang? Jawabannya Tidak seperti yang Anda Kira

Tulang Ayam, Image oleh achirathep dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Waktu kita kecil dulu, kita sering kali melihat bagaimana orang dulu suka memberikan sisa makanan mereka pada kucing atau anjing peliharaan mereka.

Tulang ayam dan tulang ikan adalah yang paling sering empanin kepada anjing atau kucing.

Padahal menurut ahli, memberi makan tulang ke hewan seperti anjing dan kucing itu, sangatlah tidak dianjurkan jika dilihat dari sisi medis.

(BACA JUGA:Punya Akuarium Mangkok di Rumah? Ini Alasan Mengapa Ikan Peliharaan Anda Cepat Mati )

Pertanyaannya, mengapa tidak dianjurkan untuk memberi makan tulang ikan atau tulang ayam ke anak bulu seperti anjing atau kucing?

“Tulang ayam, khususnya untuk anjing, saat digigit hancur dan serpihannya tajam bisa merobek tenggorokan," kata Dokter hewan Novi Wulandari di ajang Indonesia International Pet Expo (IIPE).

Meski umumnya tulang yang dimakan kucing dan anjing tidak menyebabkan masalah, namun menurut dokter Novi, hal itu masih berpotensi menyebabkan masalah.

Menurut dia, ketika serpihan tajam tulang ayam atau tulang ikan ini masuk lambung dan melukainya, maka akan menyebabkan kondisi seperti radang atau luka pada lambung.

Sebab itu, dokter Novi sangat menganjurkan pemberian makanan khusus anjing dan kucing yang dijual bebas di pasaran, dan memang didesain khusus untuk digigit dan digrogoti anak bulu.

Manfaat Punya Hewan Peliharaan

Berikut apa kata ahli soal manfaat punya hewan peliharaan, seperti dikutip dari laman resmi American Heart Association:


1.    Hewan peliharaan membantu memangkas stres
Dua dari tiga pekerja kantoran mengaku jika stres mereka terpangkas berkat hewan peliharaan mereka. Tidak hanya memangkas stres, hewan peliharaan juga dapat meningkatkan kepuasaan kinerja seorang pekerja kantoran.

2.    Hewan peliharaan meningkatkan produktivitas
Menurut ahli, orang yang punya hewan peliharaan dianggap sebagai sosok yang bisa dipercaya, baik secara tim maupun level persahabatan.

3.    Hewan peliharaan membantu meregulasi kecemasan
Dengan adanya hewan peliharaan di sekitar, mereka yang punya masalah dengan gangguan kecemasan bisa merasakan efek positif sebuah persahabatan antara manusia dan hewan peliharaan, sekaligus memberikan mereka dukungan yang dibutuhkan.

4.    Hewan peliharaan membantu orang jadi lebih aktif
Karena punya hewan peliharaan, orang akan lebih aktif untuk meluangkan waktu mereka keluar mencari udara segar, yang secara medis terbukti membantu meningkatkan mood dan kualitas tidur.

5.    Hewan peliharaan membantu mereka yang kesepian
Ketika orang melihat, menyentuh, mendengar dan berbicara dengan hewan peliharaan mereka, maka timbulah kegembiraan dan kebahagiaan dari dalam dirinya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: