Punya Akuarium Mangkok di Rumah? Ini Alasan Mengapa Ikan Peliharaan Anda Cepat Mati

Punya Akuarium Mangkok di Rumah? Ini Alasan Mengapa Ikan Peliharaan Anda Cepat Mati

Akuarium Mangkok, Image oleh Jim Combs dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Taukah Anda ada alasan mengapa umur ikan itu pendek, ketika ditempatkan di akuarium mangkok, seperti yang Anda lihat pada gambar di atas?

Alasannya adalah jenis akuarium mangkok ini begitu menyiksa bagi ikan kecil yang tinggal di dalamnya.

Hal itu disampaikan pakar hewan peliharaan Prancis, Matthieu Lembeaux dalam sebuah pernyataan.

(BACA JUGA:Manfaat Punya Hewan Peliharaan, Mulai dari Pangkas Stres hingga Tingkatkan Produktifitas)

"Orang tua membeli ikan mas untuk anak mereka secara impulsif, tetapi jika mereka tahu betapa menyiksanya itu (bagi ikan-ikan ini), mereka tidak akan melakukannya,” kata Matthieu Lembeaux dalam wawancaranya dengan Reuters.

“Berputar-putar dalam mangkuk kecil ini bisa membuat ikan jadi gila dan membunuh mereka dengan cepat," ungkap CEO AgroBiothers itu.

Ia menjelaskan bahwa pada dasarnya, ikan mas, jenis ikan yang paling populer dipelihara orang, mampu hidup selama 30 tahun, dan tumbuh mencapai 25cm.

Namun untuk mencapai itu, mereka membutuhkan akuarium yang besar, dan jika ditempatkan pada akuarium mangkok, maka umur mereka mungkin tidak lebih dari hitungan pekan atau bulan.

Ia mengatakan, ikan mas adalah hewan sosial yang butuh ditemani ikan lain, ruang yang luas dan air bersih, serta orang yang punya akuarium membutuhkan peralatan dan keahlian minimal.

Dan taukah Anda, akibat efeknya terhadap hewan perliharaan jenis ikan dan penggunaan akuarium mangkok, Jerman dan beberapa negara Eropa lain telah lama penggunaan jenis akuarium ini.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: