Contra Flow Jalan Perjuangan Kota Bekasi Akan Dipermanenkan Dinas Perhubungan

Contra Flow Jalan Perjuangan Kota Bekasi Akan Dipermanenkan Dinas Perhubungan

Pelaksanaan contra flow tersebut dilakukan pada pukul 06.00 WIB dan selesai pada pukul 07.00 WIB, dari hasil pemantauan pergerakan pengguna jalan melakukan pergerakan di waktu yang sama. --

BEKASI, FIN.CO.ID - Uji coba contra flow yang dilakukan oleh Dinas Perhububgan (Dishub) Kota Bekasi di Jalan Perjuangan berhasil mengurangi kepadatan arus lalu lintas di lokasi tersebut.

Pelaksanaan contra flow tersebut dilakukan pada pukul 06.00 WIB dan selesai pada pukul 07.00 WIB dari hasil pemantauan pergerakan pengguna jalan melakukan pergerakan di waktu yang sama.

(BACA JUGA:PKS Tolak Kenaikan BBM Minta Pemerintah Setop Pembangunan IKN Baru dan KCJB)

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kota Bekasi Teguh menjelaskan, contra flow yang dilaksanakan menghasilkan kelancaran terutama di jam berangkat kerja.

"Hasil dari contra flow arus lalu lintas cenderung normal dan lancar, memang tujuan kita untuk melancarkan orang yang beraktivitas pagi hari yang cenderung padat ketika jam kerja," ucap Teguh saat dikonfirmasi, Rabu 24 Agustus 2022.

Ia mengungkapkan pihaknya saat ini masih melakukan contra flow secawa situasional, hal tersebut guna melakukan pemantauan langsung di jam berapa saja kondisi lalu lintas di jalur tersebut padat.

"Saat ini masih situasional guna memantau kondisi di lapangan, misalnya kemarin arus lalu lintas selesai 07.15 WIB, nah hari ini kita buka 07.00 WIB arus lalu lintas lancar," jelasnya.

(BACA JUGA:Bertemu Kak Seto, Ferdy Sambo Menangis dan Berterima Kasih)

Dari hasil pemantauan didapati hasil bahwa volume arus lalu lintas menuju Bekasi Utara ke selatan atau Ahmad Yani, tol barat atau Summarecon dalam kondisi sangat padat.

"Catatan kami ada 24 titik kemacetan, kami bersama stakeholder lainnya berupaya menyelesaikan satu per satu kondisi kemacetan yang ada dengan melakukan manajemen rekayasa," ucapnya.

Ke depannya Dishub Kota Bekasi berencana akan melakukan permanen contra flow di area tersebut.

Pihaknya akan mencari pola waktu pergerakan lalu lintas dahulu sebelum dilakukan penetapan. (Tuahta Simanjuntak)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: