Merokok Bisa Picu Kebutaan Permanen, Ini Penjelasan Dokter

Merokok Bisa Picu Kebutaan Permanen, Ini Penjelasan Dokter

Merokok Sebabkan Kebutaan Permanen, Image oleh Comfreak dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Bicara efek buruk merokok maka kebanyakan orang bakal mengaitkan rokok dengan masalah pernapasan dan jantung.

Padahal efek rokok terhadap kesehatan gak cuma terhadap paru paru dan jantung saja, karena mata juga salah satu yang terdampak.

Menurut ahli bedah mata Dr. Aaradhana Reddy Vitreo, tidak banyak orang yang menyadari bahwa merokok itu, juga merusak mata.

(BACA JUGA:Mata Menonjol keluar seperti Orang Melotot, Ini Nama Kondisi Medisnya)

Dan bahwa efek terburuk rokok terhadap mata adalah hilangnya kemampuan orang untuk melihat.

Hal ini menurut dokter Vitreo, terkait dengan racun terdapat dalam asap rokok dan masuk ke aliran darah, yang pada akhirnya juga terdistribusikan ke mata.

Dan ketika bicara efek merokok terhadap mata adalah beberapa kondisi seperti mata kering, katarak, retinopati diabetik, degenerasi makula hingga masalah pada saraf optik.

Dan jika terlambat mendapatkan penanganan, beberapa kondisi ini dapat berakhir dengan kebutaan permanen, menegaskan salah satu bahaya merokok terhadap kesehatan.

"Selain itu, asap tembakau juga dapat mempengaruhi jaringan di sekitar mata yang menyebabkan gangguan pada kelopak mata dan bengkak di bawah mata," jelas dr. Vitreo seperti dikutip dari Express.

Jangan remehkan Mata Kering

Mata Kering tidak untuk diremehkan, ini kata dr. Damara Andalia, Sp. M, dalam keterangan persnya.

"Risiko sindrom mata kering terjadi ketika mata tidak mendapatkan pelumasan yang cukup dari air mata,” kata dr. Damara Andalia, Sp. M. dalam sebuah pernyataan.

Ketika mata kering dibiarkan tanpa penanganan, maka beberapa hal hal ini menyebabkan rasa tidak nyaman di mata, bahkan hingga menyebabkan kerusakan serius.

“Bila tidak diatasi, mata kering dapat menimbulkan komplikasi luka terbuka pada lapisan luar pelindung mata," ujar dr. Damara Andalia, Sp.M.

Anda kerap membiarkan mata dalam keadaan kering atau mata kering? Well, Anda mungkin ingin merubah kebiasaan itu mulaii dari sekarang.

Ciri Mata Kering

Mata kering menurut ahli, kerap dirasakan banyak orang, terlebih mereka yang berusia 50 tahun atau lebih.

Meski begitu, mereka yang lebih muda, pun tetap berisiko mengalami mata kering.

Ada pun ciri-ciri dari mata kering menurut

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: