Mata Menonjol keluar seperti Orang Melotot, Ini Nama Kondisi Medisnya

Mata Menonjol keluar seperti Orang Melotot, Ini Nama Kondisi Medisnya

Mata Menonjol, Melotot | Image oleh agnesliinnea dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Anda mengeluhkan kondisi mata Anda yang terlihat menonjol keluar, seperti orang yang sedang melotot?

Padahal Anda tidak ada maksud untuk melototkan mata Anda, dan hal ini terjadi diluar kendali.

Menurut ahli, penonjolan mata yang terlihat seperti orang sedang melotot. Kondisi ini sering ditemukan pada hipertiroidisme yang disebabkan penyakit Graves.

(BACA JUGA:Punya Mata Silinder tapi Ogah Pakai Kacamata? Ini Efeknya)

“Penyakit ini muncul karena kekeliruan sistem imun yang menganggap sel-sel di kelenjar tiroid sebagai benda asing yang berbahaya, padahal sesungguhnya tidak,” kata dr. Nadia Nurotul Fuadah.

“Akibat penyakit ini, jaringan mata dan sekitarnya bisa ikut mengalami peradangan dan penumpukan karbohidrat, sehingga membuatnya menonjol secara tidak wajar,” jelasnya seperti kutip dari Alodokter.

Menurut dr. Nadia, kondisi ini dinamakan oftalmopati Graves. Dan tergantung dari tingkat keparahannya, penanganan kondisi ini pun bervariasi.

Selain dengan cara pemberian obat, misalnya golongan steroid, mata yang menonjol keluar ini bisa diatasi dengan penggunaan kacamata dengan prisma khusus.

Oftalmopati Graves lanjut dr. Nadia Nurotul Fuadah, juga bisa diaatasi dengan operasi dekompresi selain juga Radioterapi.

Jangan Sepelekan Mata Kering

Ketika seseorang mengalami mata kering, maka hal yang sering pertama kali orang lakukan adalah menyepelekannya.

Padahal menurut ahli, membiarkan mata kering itu justru bukanlah hal enteng yang boleh dipandang sebelah mata.

Tidak untuk diremehkan, ini kata dr. Damara Andalia, Sp. M, dalam keterangan persnya.

"Risiko sindrom mata kering terjadi ketika mata tidak mendapatkan pelumasan yang cukup dari air mata,” kata dr. Damara Andalia, Sp. M. dalam sebuah pernyataan.

Ketika mata kering dibiarkan tanpa penanganan, maka beberapa hal hal ini menyebabkan rasa tidak nyaman di mata, bahkan hingga menyebabkan kerusakan serius.

“Bila tidak diatasi, mata kering dapat menimbulkan komplikasi luka terbuka pada lapisan luar pelindung mata," ujar dr. Damara Andalia, Sp.M.

Anda kerap membiarkan mata dalam keadaan kering atau mata kering? Well, Anda mungkin ingin merubah kebiasaan itu mulai dari sekarang.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: