Pembangunan Istana Negara di IKN Nusantara Masih Tahap Lelang di PUPR

Pembangunan Istana Negara di IKN Nusantara Masih Tahap Lelang di PUPR

Presiden Jokowi berkemah di IKN Nusantara. --

JAKARTA, FIN.CO.ID - Kabar terbaru soal pembangunan Istana Negara di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur disampaikan Kepala Badan Otorita IKN Nusantara Bambang Susantono.

Pembangunan Istana Negara di IKN Nusantara di wilayah Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur saat ini dalam proses lelang.

 (BACA JUGA:Istana Kabarkan Pelantikan Menpan RB Rencananya Digelar di IKN)

Pembangunan Istana Negara di kawasan IKN Nusantara Kaltim dalam tahap lelang di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Proses lelang pembangunan Istana Negara yang direncanakan akan dibangun pada tahun ini (2022) dalam tahap masa sanggah," katanya, Rabu 17 Agustus 2022. 

Ia berharap, Kementerian PUPR melakukan percepatan proses lelang agar pengerjaan pembangunan Istana Negara dapat mulai dilaksanakan pada tahun ini.

Istana Negara sebagai tempat presiden tinggal dan berkantor, juga istana wakil presiden menjadi yang pertama dibangun di kawasan ibu kota negara Indonesia baru.

 (BACA JUGA:NasDem Dukung Pembangunan IKN Nusatara Berlanjut, Surya Paloh: Sayang Kalau Sudah Dimulai)

Termasuk sejumlah bangunan kantor kementerian serta fasilitas TNI dan Polri rencananya bakal dibangun pada tahun ini. 

Menyangkut Presiden Joko Widodo akan melakukan peletakan batu pertama pada bulan Agustus 2022 sebagai tanda dimulainya pembangunan, Badan Otorita belum mendapatkan jadwal resmi.

"Kami belum dapat arahan apakah Presiden melakukan peletakan batu pertama dimulainya pembangunan atau peresmian gedung setelah selesai dibangun," kata Bambang Susantono. 

Sejumlah pembangunan infrastruktur dasar IKN Nusantara pada sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur sudah ada yang berjalan.

 (BACA JUGA:IKN Pindah ke Kalimantan Timur, Wagub Riza: Mengurangi Beban DKI Jakarta dari Potensi Tenggelam)

Pembangunan infrastruktur dasar yang sedang berjalan tersebut di antaranya pembangunan Bendungan Sepaku-Semoi dan pembangunan pengambil air (intake) Sungai Sepaku. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: