Hadiri Sidang Tahunan MPR, Jokowi dan Ma'aruf Amin Kenakan Baju Adat

Hadiri Sidang Tahunan MPR, Jokowi dan Ma'aruf Amin Kenakan Baju Adat

Preisden Jokowi dan Ma'Aruf Amin hadiri sidang tahunan MPR 2022-Desca Lidya Natalia-Antara

JAKARTA, FIN.CO.ID - Dalan sidang tahunan MPR 2022, Presiden RI  Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'Aruf Amin tampil mengenakan baju adat.

Presiden Jokowi bersama Ma'Aruf Amin datang untuk menghadiri sidang tahunan 2022 dalam rangka memperingati  ulang tahun ke-77 RI.  Di Ruang Rapat Paripurna Gedung Nusantara, Jakarta pada Selasa. 16 Agustus 2022.

Pada pukul 09.00 WIB. Jokowi dan Iriana Jokowi tiba di gedung DPR/MPR dengan pakaian baju ada yang begitu memukau.

Dalam kehadirannya, Jokowi tampil dengan pakaian adat Paksian asal Bangka Belitung. Presiden mengenakan jubah panjang sebatas betis warna hijau lumut dengan ormanen emas berotif Pucuk Rebung bagian kancing.

(BACA JUGA:Jelang Pidato Kenegaraan Jokowi, Rupiah Malah Bergerak Melemah)

Pakaian adat Jokowi tersebut, ditambahkan dengan selendang dengan warna emas dengan warna senada. Selain itu orang nomor satu Indonesia mengenakan sarung tenun berwarna merah dan celana warna hijau. Presiden mengenakan tutup kepala yaitu sungkon.

Sementara itu, Iriana Jokowi tampil mengenakan kebaya modern warna merah muda dengan kerudung dengan warna senada. Untuk bawahan, iu negara mengenakan kain batik cokelat.

Disisi lain, Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin dan ibu Wury Ma'ruf Amin juga telah tiba di kompleks parlemn.

Wapres hadir mengenakan pakaian khas Keraton Surakarta atau pakaian adat Solo, sementara Wury Ma’ruf Amin mengenakan kebaya berwarna hijau.

(BACA JUGA:Pengamat Apresiasi Jurus Jokowi Berhasil Turunkan Harga Minyak Goreng)

Wapres memilih pakaian atas berupa setelan Sikepan hitam dipadu dalaman putih dengan hiasan rantai arloji di dada menemani lambang kepresidenan, serta memakai Blangkon Trepes rata bagian belakang. Adapun untuk bawahan, Wapres memakai kain jarik batik cokelat motif Sidomukti dan selop berwarna emas.

Sementara itu, Wury Ma’ruf Amin tampak mengenakan kebaya kartini bernuansa hijau dipadu dengan kerudung berwarna senada, yang dipasangkan dengan bawahan kain batik dan selendang berwarna gelap.

Selain itu hadir juga Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla, Wakil Presiden ke-6 Tri Sutrisno, Wakil Presiden ke-9 Hamzah Haz, 

Berikutnya hadir juga Ketua PR Puan Maharani, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua MK Anwar Usman, Ketua DPR Nyalla Mahmud Mattalitti, para menteri kabinet Indonesia Maju, para ketua partai politik dan pejabat negara lainnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Ari Nur Cahyo

Tentang Penulis

Sumber: