Jalan Kaki yang seperti Ini Bisa Bantu Kontrol Diabetes Lho

Jalan Kaki yang seperti Ini Bisa Bantu Kontrol Diabetes Lho

Manfaat berjalan kaki untuk kesehatam (Pixabay)-ilustrasi-

JAKARTA, FIN.CO.ID - Punya diabetes dan masih mencari tau bagaimana mengotrolnya? Anda mungkin ingin mencoba yang satu ini.

Menurut hasil studi yang dilakukan para peneliti dari University of Limerick di Irlandia, ditemukan bahwa jalan kaki dua menit setelah makan, dapat membantu menurunkan kadar gula.

Bagi mereka yang tidak diabetes, jalan kaki dua menit setelah makan dapat membantu memangkas risiko diabetes tipe di kemudian hari.

(BACA JUGA:Bukan Cuma yang Manis, Ini Daftar Makanan dan Minuman yang Pantang Dikonsumsi jika Diabetes)

Seperti dilaporkan Healthline, durasi jalan kaki yang dibutuhkan untuk manfaat ini adalah sekitar 60 hingga 90 menit lamanya.

Dikutip dari Healthline, Minggu, hasil tinjauan menyarankan waktu terbaik untuk berjalan kaki dilakukan 60 menit hingga 90 menit setelah makan.

Adapun alasan mengapa dua menit setelah makan, adalah dikarenakan pada waktu tersebut kadar gula darah biasanya memuncak.

Para peneliti mengatakan bahkan hanya beberapa menit berjalan lambat dengan intensitas ringan sudah cukup untuk membuat penurunan kadar gula darah bagi responden penelitian.

Secara signifikan, berjalan setelah makan dikaitkan dengan kenaikan dan penurunan kadar gula darah secara bertahap daripada duduk atau bahkan berdiri.

Berjalan Kaki untuk Pangkar Berat Badan

Berjalan kaki adalah salah satu aktifitas harian yang paling dianjurkan ahli untuk hidup yang sehat.

Manfaat berjalan kaki ini pernah dibuktikan seorang pria yang juga seorang ayah.

Seorang ayah berusia pertengahan 30an, mampu memangkas 22 kg berat badannya hanya dalam waktu setengah tahun.

Rahasianya, menurut Ricardo Caceres, adalah dengan berjalan kaki setiap harinya, serta mengkonsumsi makan berbasis sehat.

Kesulitan untuk menemani buah hatinya setiap kali bermain, mamaksa ayah yang sempat memiliki perut buncit itu, untuk melakukan perubahan.  

Dengan mengkonsumsi 1.750 kalori sehari, 170 gram protein, 30 gram serat dan 10 gelas air putih sehari, juga berjalan kaki 10 ribu langkah setiap harinya, telah merubah dirinya menjadi jauh lebih baik secara fisik.  

“Dalam enam bulan saya kehilangan 22 kg. Saya merasa terlahir kembali. Kualitas tidur jadi lebih baik, dan tekanan darah saya pun turun,” kata Ricardo Caceres seperti dikutip Men’s Health.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: