Bukan Cuma yang Manis, Ini Daftar Makanan dan Minuman yang Pantang Dikonsumsi jika Diabetes

Bukan Cuma yang Manis, Ini Daftar Makanan dan Minuman yang Pantang Dikonsumsi jika Diabetes

Ilustrasi diabetes. (pixabay)--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Bagi penderita diabetes, mengontrol kadar gula darah adalah faktor penting untuk menjaga kondisinya tetap stablil.
 
Menghindari makanan atau minuman manis, adalah salah satu gaya hidup yang harus diterapkan penderita diabetes.

Namun yang tidak disadari banyak penderita diabetes, adalah bahwa bukan hanya makanan dan minuman manis yang pantang mereka makan.

(BACA JUGA:Awas Komplikasi Diabetes Ini, Bikin Perut Kembung dan Begah)

Menurut ahli, via Alodokter, ada daftar panjang makanan dan minuman yang pantang dimakan jika orang menderita diabetes.

Dan ketika bicara daftar makanan dan minuman yang pantang dimakan jika diabetes, selain yang manis-manis, roti tawar putih adalah salah satu yang masuk di dalamnya.

Makanan yang terbuat dari tepung terigu, ini banyak sekali, juga adalah di antaranya dalam daftar itu.

Sayuran, khususnya yang dimasak dengan banyak garam, keju, mentega, dan saus dalam jumlah banyak, juga wajib masuk dalam daftar ini.

Buah-buahan yang tinggi gula, sayuran kaleng hingga susu tinggi lemak juga penting untuk dihindari oleh penderita diabetes.

Selain itu, daging yang tinggi akan kandungan lemak, juga kulit ayam, tidaklah dianjurkan untuk penderita diabetes.

Makanan yang diolah dengan cara digoreng, seperti ayam goreng, ikan goreng, pisang goreng, kentang goreng, dan apa pun yang digoreng, juga patut untuk diwaspadai.

Dan ketika bicara minuman tinggi gula, sirop, dan minuman bersoda juga bukanlah pilihan bijak jika Anda punya diabetes, dan sedang program mengendalikannya.

Pentingnya Minum Obat dan Pakai Insulin jika Anda Diabetes

dr. Arrum Putri Amalia mengatakan bahwa dalam mengontrol gula darah, penderita diabetes umumnya menggunakan satu atau mengkombinasikan obat anti diabetes.

“Jika belum berhasil, dapat ditingkatkan menjadi pengobatan suntikan insulin yang perlu dilakukan beberapa kali sehari seumur hidup,” jelas dia.

Intinya, jika ingin memiliki gula darah layaknya orang normal, mereka yang diabetes hanya dapat mencapai itu, tentunya dengan melibatkan konsumsi obat dan penggunaan insulin secara rutin.

Efeknya jika tidak terkontrol, diabetes ini kata dr. Arrum Putri Amalia, dapat berujung pada komplikasi yang tidak diinginkan.

“Seperti penyakit jantung, stroke, gagal ginjal, kebutaan, luka yang sulit sembuh, dan gangguan saraf,” tutupnya.

Intinya, jika Anda atau ada keluarga Anda yang diabetes namun enggan minum obat, atau tidak menggunakan insulin ketika sudah dianjurkan, maka jangan heran jika masalah komplikasi di kemudian hari akan bermunculan.


DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: