Awas Komplikasi Diabetes Ini, Bikin Perut Kembung dan Begah

Awas Komplikasi Diabetes Ini, Bikin Perut Kembung dan Begah

Perut Kembung dan Begah, Image oleh Tumisu dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Taukah Anda jika ada salah satu jenis komplikasi diabetes bernama Gastroparesis diabetik.

Dari namanya mungkin orang tidak bisa langsung tau apa itu Gastroparesis diabetik.

Menurut Halodoc, Gastroparesis diabetik adalah ketika terjadi pengendapan makanan di dalam perut, dan terjadi dalam waktu lama.

Penyebabnya sendiri adalah dikarenakan adanya kerusakan saraf pada penderita diabetes.

Gastroparesis diabeteik sendiri adalah salah satu jenis gangguan pencernaan, yang punya nama lain pengosongan lambung yang tertunda.

Kerusakan saraf pada penderita diabetes ini, menyebabkan pergerakan makanan di dalam saluran pencernaan tidak bekerja sebagai mana mestinya.

Ketika hal itu terjadi, dan seperti disebut di atas, penumpukan makanan yang tak tercerna pun tidak bisa dihindari.

Inilah yang kemudian menyebabkan orang yang mengalami Gastroparesis, mengeluhkan perut kembung dan begah.

Ketika makanan ini memadat, maka dapat menyebabkan mual-mual hingga muntah, selain juga obstruksi pada usus halus.

Dan efek buruk lainnya dari Gastroparesis diabetik, adalah menyebabkannya peningkatan kadar gula di dalam darah. Penumpukan makanan di dalam perut ini, disebut sebagai penyebabnya.

Menariknya lagi, kondisi ini tidak hanya menyebabkan lonjakan gula darah, namun juga memicu penurunan kadar gula di dalam darah.

Efeknya, penderita jadi kesulitan untuk tau kapan harus menyuntikan insulin, karena berpotensi memicu terjadinya hipoglikemia.

Sebaliknya, gula darah yang terlalu tinggi meningkatkan risiko keruskaan ginjal, mata, saraf, hingga picu masalah jantung.

Komplikasi Diabetes Lainnya

Amputasi pada penderita diabetes terkadang dibutuhkan untuk mencegah terjadinya penyebaran infeksi, salah satunya akibat kondisi bernama kaki diabetik.

Ketika jaringan dianggap mati, dan tidak lagi bisa tertolong oleh penggunaan obat-obatan, maka amputasi terkadang jadi jalan keluar terbaik.

Untungnya, amputasi akibat komplikasi diabetes ini bisa dihindari oleh mereka yang menderita penyakit gula. Selama mampu menghindari pantangannya, kondisi yang tidak diinginkan ini bisa terhindarkan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: