Apa Benar Penggunaan Tabir Surya Picu Kanker Kulit? Ini Kata Dokter

Apa Benar Penggunaan Tabir Surya Picu Kanker Kulit? Ini Kata Dokter

Tabir Surya, Image oleh AdoreBeautyNZ dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Penggunaan Tabir surya adalah salah satu cara untuk terhindar dari kulit terbakar, yang disebabkan oleh paparan sinar matahari langsung.

Dengan menggunakan tabir surya, orang tidak harus takut memiliki kulit gosong, lantaran beraktifitas lama di bawah terik matahari.

Akan tetapi, beredar sebuah kabar yang menyebutkan bahwa penggunaan tabir surya, dapat memicu masalah kesehatan dalam hal ini kanker kulit.

(BACA JUGA:Kulit Menghitam karena Digaruk? Gini Cara Mengatasinya)

Muncul dalam postingan di media sosial, berikut narasi yang dimaksud:
"Berhenti makan biji-bijian & minyak sayur, dan berhenti memakai tabir surya yang sangat beracun. Matahari tidak memberi Anda kanker kulit, tetapi makanan yang Anda konsumsi & apa yang Anda kenakan pada kulit Anda”

Kini yang menjadi pertanyaan, apakah benar tabir surya sebabkan kanker kulit?

Menurut situs Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga, kanker kulit seringkali dipicu oleh paparan radiasi sinar UV Matahari, atau penggunaan mesin "tanning".

Sementara itu menurut dokter spesialis kulit dan kelamin, Arini Astasari Widodo, sinar ultaviolet mengakibatkan masalah pigmentasi kulit, penyakit kulit karena sensitif cahaya ultaviolet, tumor jinak, bahkan kanker kulit.

Dengan begitu, bisa dipastikan bahwa narasi tabir surya sebabkan kanker kulit itu, adalah kabar bohong alias hoaks.

Manfaat Penggunaan Tabir Surya

Berikut 4 Manfaat penggunaan tabir surya yang gak cuma mencegah kulit terbakar, seperti dikutip FIN dari Halodoc:

•    Mencegah orang mengalami penuaan dini
Hal ini menurut ahli, ada kaitannya dengan salah satu manfaat tabir surya, dalam mencegah kulit cepat berkerut dan menciptakan garis halus.
•    Mencegah kerusakan kulit wajah
Sinar matahari tidak hanya menyebabkan kulit terbakar, namun juga meningkatkan risiko orang terkena jerawat, sekali  kerusakan lapisan pelindung kulit alami di area wajah.
•    Mencegah kulit belang
Tidak hanya membantu Anda memilki warna kulit yang merata alias tidak belang, penggunaan tabir surya sekaligus mencegah terbentuknya bintik hitam yang disebabkan paparan sinar UV matahari.
•     Mencegah kulit meradang
Akibat paparan UV matahari, kulit manusia dapat mengalami kondisi bernama radang kulit, di tandai dengan warna kulit yang terlihat memerah dan tidak biasa.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: