Kulit Menghitam karena Digaruk? Gini Cara Mengatasinya

Kulit Menghitam karena Digaruk? Gini Cara Mengatasinya

Kulit Wajah Terlihat Lebih Gelap? Image oleh Diamantino Santos dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Anda memiliki kebiasaan menggaruk kulit karena gatal, khususnya pada kulit di mana bagian celana berbahan karet menempel?

Anda juga punya kebiasaan menggaruk kulit, mungkin karena alergi yang Anda derita.

Hasilnya, kulit terlihat menghitam dan jadi kurang enak untuk dipandang.

Menurut dr. Arrum Putri Amalia, hal ini ada hubungannya dengan rusaknya lapisan pelindung kulit, yang disebabkan oleh kebiasaan menggaruk.

"(Menggaruk kulit berlebihan) memperparah iritasi, sehingga merusak skin barrier kulit dan membuat kulit mudah terkena infeksi bakteri," kata dr. Arrum Putri Amalia seperti dikutip FIN dari Alodokter.

Untungnya, kulit yang menghitam karena digaruk ini bukan tanpa solusi, karena dapat diatasi dengan medikasi yang tepat.

"Untuk mengatasinya Anda dapat menggunakan salep gatal dan salep antibiotik dalam beberapa minggu," saran dr. Arrum.

Akan tetapi ia menambahkan, apabila tidak ada perubahan setelah satu minggu maka kunjungan ke dokter spesialis kulit sangatlah dianjurkan.
"Karena bisa saja anda membutuhkan obat minum antigatal dan antibiotik," tambahnya lagi.

Ada pun nama kondisi kulit yang menghitam itu, menurut dr. Arrum adalah post-inflammatory hyperpigmentation atau hiperpigmentasi paska inflamasi.

Menggaruk kulit secara berlebihan, akan menyebabkan kulit menghitam akibat iritasi.

Ia juga menambahkan, jika area kulit yang terdampak sudah tidak lagi meradang, maka sensasi gatal itu dapat hilang hilang dengan sendirinya, akan tetapi memakan waktu yang lebih lama.

Krim pelembab lanjut dr. Arrum, dapat "Mempercepat hilangnya bekas hitam tersebut, dapat dibantu dengan penggunaan krim atau pelembab yang mengandung vitamin C, asam kojic, asam salisilat, retinol, atau asam retinoat.

Perawatan dengan laser, atau peeling juga disebut dapat membantu noda kulit yang menghitam, jika cara biasa tidak membuahkan hasil.

Untuk mencegah area terdampak semakin memburuk, mereka yang mengalami hiperpigmentasi, disarankan untuk menutupi kulit dari paparan langsung sinar matahari.

Selain itu, penggunaan tabir surya juga dianjurkan, untuk menghindari efek sinar matahari pada kulit hitam bekas garukan.

Sumber: