Wow Harga Ayam Potong di Bekasi Tembus Rp35.000 per Kilogram, Pedagang Bubur Ayam Kena Dampaknya

Wow Harga Ayam Potong di Bekasi Tembus Rp35.000 per Kilogram, Pedagang Bubur Ayam Kena Dampaknya

Ilustrasi ayam potong.(Pixabay)--

BEKASI, FIN.CO.ID - Harga jual ayam potong di Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat mengalami kenaikan yang sangat tinggi.

Naiknya harga jual daging ayam potong sudah terjadi sejak dua bulan terakhir, hal itu sangat dirasakan oleh para pedagang yang menjual di lapak pasar.

(BACA JUGA:Harga Daging Ayam Potong di Purwokerto Masih Tinggi, Ini Penyebabnya)

Menurut salah satu pedagang ayam potong bernama Kholis (45), kenaikan harga di pasar tersebut mencapai 46 persen dari harga normal yang biasa di jual.

"Biasanya harga jual normalnya Rp 24.000 per kilogram, saat ini sudah mencapai harga Rp 35.000 per kilogramnya," ungkap Kholis saat ditemui di Pasar Hewan di Cikarang Utara, Jumat 12 Agustus 2022.

Dirinya menuturkan, tingginya harga jual ayam potong sangat mempengaruhi omzet penjualan di lapaknya. 

Naiknya harga jual ayam potong dipengaruhi juga oleh tingginya harga pakan ternak, serta sulitnya mendapatkan ayam dari peternak.

(BACA JUGA:Indra Kenz Diancam Hukuman 20 Tahun Penjara, Didakwa Tiga Pasal Sekaligus )

"Jelas mempengaruhi pendapatan kita, kalau kaya karyawan kita ini kan gajinya gak bisa dipotong, jadi iya mau gak mau kita harus rela keuntungan berkurang," tuturnya.

Kholis mengakui berkurangnya omzet penjualan, hal tersebut terlihat dari kurangnya minat masyarakat akibat tingginya harga daging ayam potong.

"Biasanya itu kita order satu mobil, habis dalam satu hari, sekarang ini satu mobil itu paling bisa habis dalam dua sampai tiga hari," terangnya.

Hal yang sama disampaikan oleh pedagang bubur ayam Pepen Sutikno (38), dalam dua bulan terakhir ayam yang ia setiap hari terus mengalami kenaikan jauh dari normal.

(BACA JUGA:Ganjar Buka-bukaan Soal OTT Bupati Pemalang, Sebenarnya Sudah Terdengar Agak Lama Tapi 'Ngeyel')

"Kalau normal itu saya belanja harga Rp 24.000 perkoligram kalau sekarang sudah Rp 35.000 per kilogram, jelas keuntungan dagang bubur saya berkurang, karena kan harus nutup harga belanja daging ayam juga," ucap Sutikno saat ditemui ketika berbelanja untuk berdagang.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: