Hukum Main HP Saat Khatib Sedang Khutbah Jumat: Pahala jadi Sia-Sia!

Hukum Main HP Saat Khatib Sedang Khutbah Jumat: Pahala jadi Sia-Sia!

Khatib Salat Jumat-Ilustrasi-

JAKARTA, FIN.CO.ID- Di masa Nabi Muhammad Salallhu'alaihiwassalam, Masjid Nabawi tidak berlantai beton atau keramik seperti saat ini yang sudah begitu megah. 

Saat itu, para sahabat yang mendengar Nabi sedang khutbah Jumat hanya duduk di lantai yang berpasir dan batu-batu kecil.

Satu ketika, ada seorang Sahabat Nabi yang mendengar nabi khutbah Jumat sambil bermain-main pasir dan batu-batu kecil di dekatnya. Maka Nabi kemudian bersabda: 

“Barangsiapa berwudhu dan menyempurnakan wudhunya kemudian mendatangi Jum’at lalu diam mendengarkan khutbah, niscaya akan diampuni baginya kesalahan antara Jum’at tersebut dengan Jum’at berikut-nya ditambah tiga hari. Barangsiapa mempermainkan batu kerikil berarti ia telah berbuat sia-sia. (HR Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a)

Imam an-Nawawi berkata dalam Syarah Shahiih Muslim (VI/147), “Dalam Hadits ini disebutkan larangan mempermainkan kerikil dan bentuk-bentuk permainan lainnya saat imam berkhutbah. 

(BACA JUGA:Wajib Tahu! Ini Keistimewaan Puasa Arafah dan Tarwiyah Jelang Idul Adha)

(BACA JUGA:Sebentar Lagi Bulan Dzulhijjah, Ini Keutamaan Puasa Arafah Bagi Orang Beriman)

Hadits tersebut juga memberikan isyarat keharusan menghadirkan hati dan anggota tubuh saat mendengarkan khutbah.

Termasuk bentuk permainan yang sia-sia adalah mempermainkan alat tasbih saat imam berkhutbah. Disamping itu, biji-biji yang disebut tasbih itu adalah bid’ah munkarah. 

Hadis lainnya dari Abu Hurairah RA bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Jika kamu berbicara di hari Jumat saat Imam berkhutbah maka kamu telah berbuat sia-sia (tidak sempurna pahala sholat Jumat.)"

(BACA JUGA:Keutamaan Membaca Doa Saat Keluar Rumah, Salah Satunya Menjauhkan Dari Orang Jahat)

(BACA JUGA:Ini Keutamaan dan Doa Menyambut Bulan Rajab)

Berangkat dari hadis di atas, yang menjadi pertanyaannya, main kerikil dan biji tasbih saja dilarang, apalagi main Handphone atau HP?

Jelas, bermain kerikil atau HP sama-sama merupakan permainan yang sia-sia. Sementara ummat islam dianjurkan untuk hadirkan segenap anggota tubuh dan khusyuk saat khutbah Jumat berlangsung.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: