Mulut Tetap Saja Bau padahal Rajin Gosok Gigi? Ini 'Penjahatnya'

Mulut Tetap Saja Bau padahal Rajin Gosok Gigi? Ini 'Penjahatnya'

Bau Mulut, Image oleh Mudassar Iqbal dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Bau mulut adalah hal yang mungkin dialami oleh banyak orang, meski mereka sudah rajin menggosok gigi. Halitosis, nama lain bau mulut, bisa bikin orang gak pede, saat harus berbincang dengan lawan bicara.

Penyebab bau mulut ini menurut dr. Giordano Bandi Lolok, adalah berbagai sebab. Salah satunya penumpukan bakteri pada gigi, gusi dan lidah.

Di luar dari masalah kebersihan mulut, bau mulut ini dapat dipicu oleh kondisi kesehatan tertentu.

(BACA JUGA:Bau Mulut yang Seperti Ini Tanda Komplikasi Diabetes)

Berikut beberepa penyebab bau mulut, menurut dr. Giordano Bandi seperti dikutip FIN dari Alodokter:

Xerostomia
Kondisi ini adalah di mana mulut seseorang mengalami keringan, yang berakibat pada berkurangnya produksi air liur, memicu bau mulut.

Penyakit gigi dan gusi
Selain disebabkan oleh kondisi bernama periodontitis, bau mulut juga dapa disebabkan abses gusi.

Gangguan saluran pencernaan
Mereka yang mengalami gangguan pencernaan seperti sakit maag dan asam lambung, juga dilaporkan bermasalah dengan mau mulutnya.

Penyebab lainnya
Sinusisit, diabetes, gangguan liver, dan infeksi yang terjadi pada saluran pernapasan manusia, juga dapat menyebabkan masalah pada bau mulut mereka.

Kebiasaan orang minum kopi juga disebut jadi penyebab bau mulut. Mengapa kopi bikin bau mulut, karena hal ini ada hubungannya dengan kandungan sulfur dan asam, yang dimiliki oleh kopi itu sendiri.

Gak cuma itu, kebiasaan orang minum kopi, akan menyebabkan menurunnya produksi air liur, dan menyebabkan terperangkapnya bakteri di dalam mulut.

Cara Mengatasi Bau Mulut Menurut dr. Zaidul Akbar

Untungnya menurut pakar gaya hidup sehat ala Islam, dr. Zaidul Akbar, hal ini bisa diatasi dengan cara menghindari kebiasaan tertentu.

"Jangan makan makanan yang asam-asam, (makanan mengandung) tepung, minyak dan gula," kata dr. Zaidul Akbar seperti dikutip FIN dari channel YouTube Bisikan.com.

Penggagas Jurus Sehat Rasulullah (JSR) itu menambahkan, jika Anda kesulitan untuk menghindarinya, paling tidak diusahakan dengan mengurangi konsumsinya.

"Kalau belum bisa stop (makan-makanan di atas), minimal kurangi (dulu) konsumsinya," tambahnya.

Dokter umum itu melanjutkan, dengan lebih banyak mengkonsumsi buah-buahan, hal ini dapat membantu Anda setidaknya mengurangi bau mulut yang Anda alami.

"(Mulailah dengan) memperbanyak konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran," tambahnya lagi.

Secara perlahan, lanjut dr. Zaidul akbar, masalah bau mulut akan sirna dengan berjalannya waktu.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: