Jasa Marga Lanjutkan Konstruksi Pelebaran Jalan Tol Japek di Kedua Arah, Dari 3 Lajur Menjadi 4 Lajur

Jasa Marga Lanjutkan Konstruksi Pelebaran Jalan Tol Japek di Kedua Arah, Dari 3 Lajur Menjadi 4 Lajur

Pekerjaan pelebaran jalan tol Jakarta-Cikampek Jasa Marga. (dok. Jasa Marga)--

JAKARTA, FIN.CO.ID -- PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui PT Jasamarga Transjawa Toll (JTT) kembali melanjutkan pekerjaan konstruksi pelebaran dari tiga lajur menjadi empat lajur untuk Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek). 

Saat ini pekerjaan tengah berlangsung di dua arah, baik arah Jakarta maupun arah Cikampek, tepatnya di Km 62 Dawuan s.d Km 50 Karawang Timur arah Jakarta dan Km 50 Karawang Timur s.d Km 67 Simpang Susun (SS) Dawuan arah Cikampek.

(BACA JUGA:Jasa Marga Kembali Lakukan Pemeliharaan Ruas Tol Dalam Kota dan Prof. Dr. Ir. Soedijatmo)

(BACA JUGA:Catat Jadwalnya, Jasa Marga Melakukan Pekerjaan Rekonstruksi Perkerasan Ruas Tol Jakarta-Tangerang )

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana menyampaikan permohonan maaf kepada pengguna jalan atas potensi kepadatan lalu lintas yang terjadi selama proyek pekerjaan pelebaran Jalan Tol Jakarta-Cikampek ini.

“Kami menyiapkan sejumlah mitigasi risiko, di antaranya dengan melakukan pengalihan arus lalu lintas sebelum area kerja, mempersempit area kerja pada lajur 1, pemasangan rambu peringatan, penempatan petugas flagman, serta berkoordinasi dengan Kepolisian dalam hal ini Patroli Jalan Raya (PJR),” ujar Lisye dalam keterangannya, dikutip Kamis 4 Agustus 2022.

Lisye menambahkan, untuk memastikan informasi ini diterima dengan baik oleh pengguna jalan, Jasa Marga terus melakukan sosialisasi pekerjaan ini dengan memasang media luar ruang berupa spanduk imbauan pekerjaan pelebaran lajur dan Dynamic Message Signs (DMS) di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta dan Cikampek. 

Pekerjaan konstruksi pelebaran Jalan Tol Jakarta-Cikampek dari tiga lajur menjadi empat lajur merupakan pekerjaan lanjutan yang sebelumnya telah mencapai target untuk operasi fungsional guna menunjang kelancaran arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1443 H, khususnya untuk Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta.

(BACA JUGA:Semester I-2022, Jasa Marga Catat Peningkatan Volume Lalu Lintas Harian Rata-Rata Sebesar 19,03 Persen)

(BACA JUGA:Jasa Marga Raih Tiga Penghargaan Dalam Ajang Human Capital On Resilience Excellence Award 2022)

“Sejak akhir Mei lalu, Jasa Marga juga sudah memulai pekerjaan pelebaran Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang ke arah Cikampek secara bertahap, kurang lebih sepanjang 17 Km, yaitu dari Km 50 s.d Km 67. Pelebaran Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek ini merupakan salah satu bentuk peningkatan pelayanan kepada pengguna jalan yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas lajur Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang dapat mengurangi potensi kepadatan pada pertemuan arus lalu lintas Jalan Layang MBZ dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek di Km 48 serta pertemuan arus lalu lintas dari Jalan Tol Cipularang di Km 66,” ungkapnya.

Sementara itu Lisye menambahkan, untuk pekerjaan pelebaran ke arah Jakarta, saat ini tengah dilakukan penyelesaian pekerjaan di area bahu luar serta di area simpang susun dan main road Karawang Timur hingga rest area Km 52. 

Lisye menyampaikan, seluruh konstruksi pekerjaan pelebaran jalur balik arah Jakarta maupun arah Cikampek ini diharapkan dapat mendukung pelayanan Jasa Marga yang optimal kepada pengguna jalan pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Jasa Marga mencatat lalu lintas harian rata-rata yang melintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek sebanyak 443.035 kendaraan pada Semester I Tahun 2022, meningkat sebesar 14,57 persen dibanding periode yang sama tahun 2021. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: