Keras, Korea Utara Kecam Kunjungan Nancy Pelosi ke Taiwan: Capur Tangan yang Kurang Ajar!

Keras, Korea Utara Kecam Kunjungan Nancy Pelosi ke Taiwan: Capur Tangan yang Kurang Ajar!

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un saat memimpin pertemuan Partai Pekerja tentang tanggapan wabah penyakit coronavirus (COVID-19) dalam foto tak bertanggal yang dirilis oleh Kantor Berita Pusat Korea (KCNA) Korea Utara pada 12 Mei 2022. KCNA via REUTERS--

JAKARTA, FIN.CO.ID- Pemerintah Korea Utara ikut mengecam keras kunjungan Anggota DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan pada Selasa 2 Agustus 2022.

Korea Utara menyebut kunjungan Nancy itu sebagai campur tangan Amerika yang kurang ajar terhadap urusan internal negara lain.

Seperti diketahui, Ketua DPR AS itu, tiba di Taiwan pada Selasa malam ditengah ketegangan antara Cina dan Taiwan berlangsung.  

Kementerian luar negeri Pyongyang mengatakan kunjungan itu membangkitkan keprihatinan serius masyarakat internasional.

Mereka menilai, kunjungan itu sebagai bentuk dukungan ke Taiwan yang tengah bersitegan dengan Cina. 

"Situasi saat ini dengan jelas menunjukkan bahwa campur tangan AS yang kurang ajar dalam urusan internal negara lain dan provokasi politik dan militernya yang disengaja, memang, merupakan akar penyebab gangguan perdamaian dan keamanan di kawasan itu," kata juru bicara kementerian Korea Utara seperti dikutip dari Kantor Berita Pusat Korea (KCNA). 

(BACA JUGA:Urusan Taiwan, Xi Jinping Ingatkan Biden Jangan Ikut Campur, Seseorang yang Bermain Api akan...)

(BACA JUGA:Soal Nuklir Korea Utara, China dan Rusia Lakukan Veto, Upaya Amerika Beri Sanksi di PBB Gagal)

"Taiwan adalah bagian tak terpisahkan dari China dan masalah Taiwan berkaitan dengan urusan dalam negeri China," katanya.

“Kami dengan keras mengecam campur tangan kekuatan eksternal dalam masalah Taiwan, dan sepenuhnya mendukung sikap pemerintah China untuk secara tegas mempertahankan kedaulatan negara dan integritas teritorial,” tambah juru bicara yang tidak disebutkan namanya itu.

Pelosi memimpin delegasi kongres di Asia Itu melakukan perjalanan ke Singapura dan Malaysia dengan rencana untuk mengunjungi Korea Selatan dan Jepang juga.

(BACA JUGA:Oalah, Ternyata Korea Utara 'Diam-diam' Impor Jutaan Masker, Ventilator dan Vaksin COVID-19 dari China)

(BACA JUGA:Stok Vaksin COVID-19 Menipis, Korea Utara Serukan Warganya Konsumsi Antibiotik dan Minuman Herbal)

Korea Utara secara terbuka menekankan hubungannya yang kuat dengan China di tengah persaingan China-AS yang semakin intensif. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: