Kunjungan Jokowi ke Rusia-Ukraina Dinilai Berhasil Yakinkan Indonesia di Mata Dunia

Kunjungan Jokowi ke Rusia-Ukraina Dinilai Berhasil Yakinkan Indonesia di Mata Dunia

Presiden Jokowi dan Iriana Joko Widodo melihat kompleks Apartemen Lipky di Kota Irpin, Ukraina. -BPMI Setpres/Laily Rachev-Sekretariat Presiden

JAKARTA, FIN.CO.ID- Kunjungan Presiden Indonesia Joko Widodo alias Jokowi ke Rusia dan Ukraina pada akhir bulan Juni lalu membuat para pemimpin dunia memberikan apresiasi kepada Jokowi dalam upaya perdamaian dunia.

Setelah Rusia dan Ukraina, Presiden Jokowi kembali melakukan kunjungan ke tiga negara Asia Timur, yakni China, Jepang dan Korea Selatan (Korsel) pada bulan Juli ini. Menariknya, dari kunjungan ini berhasil melahirkan berbagai kesepakatan bilateral.

Direktur Eksekutif Voxpol Center Pangi Sharwi Chaniago mengatakan, langkah ini membuat posisi Indonesia di mata negara-negara lain di dunia semakin kuat. 

(BACA JUGA:Pesan Jokowi ke Relawan Terkait Pilihan Capres: Jangan Buru-buru)

(BACA JUGA:Terungkap, Ini Fakta-Fakta Wanita Penghina Iriana Jokowi, Usai Diperiksa Polisi)

Bahkan, dari kunjungan luar negeri ini Presiden Jokowi dan pimpinan lima negara luar ini menghasilkan kesepakatan global baik itu perdamaian dunia maupun pembangunan di negara masing-masing. 

Menurut akademisi Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta ini, posisi Presiden Jokowi sebagai pimpinan Presidensi G20 sangat baik untuk meletakkan daya tawar Indonesia di tingkat tertinggi.

“Cukup kuat Pak Jokowi berhasil meyakinkan itu dengan pembangunan infrastruktur, kemampuan kita di G20, kemampuan kita untuk tidak resesi,” kata Pangi di Jakarta kemarin, Sabtu 30 Juli. 

(BACA JUGA:Relawan Satu Indonesia Gaungkan Jokowi 3 Periode di Manado)

(BACA JUGA:Jokowi Sudah Beri Amanat, Polisi Janji Ungkap Kasus Brigadir J Terang Benderang)

Dijelaskan Pangi, politik luar negeri yang dijalankan Presiden Jokowi patut diapresiasi, karena Presiden Indonesia dua periode ini telah membawa pesan penting kepada dunia dengan mengunjungi langsung Ukraina dan Rusia, yang membuat Indonesia makin disegani.

“Politik bebas aktif yang tidak berpihak ke Ukraina dan Rusia itu sudah pas, tentu kita menjadi negara yang hari ini disegani,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, Jokowi dalam beberapa bulan terakhir ini melakukan kunjungan ke berbagai negara, yang terbaru ke Asia Timur yakni China, Jepang, dan Korsel. Hal ini dinilai akan berdampak bagi KTT G20 di Bali, Indonesia.

Pada bulan lalu, Jokowi dengan didampingi Ibu Negara Iriana juga sempat bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan Presiden Rusia Vladimir Putin. Dalam pertemuan tersebut, Jokowi mengupayakan perang antara kedua negara itu dapat berakhir. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: