Haruskah Anda Minum Obat jika Sakit, atau Tunggu Parah Baru Minum Obat? Ini Kata Dokter

Haruskah Anda Minum Obat jika Sakit, atau Tunggu Parah Baru Minum Obat? Ini Kata Dokter

Minum Obat, Ilustrasi oleh Samson Katt dari Pexels--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Ketika seseorang sakit, kapan waktu yang paling tepat untuk minum obat, di awal-awal atau menunggu kondisi memburuk baru Anda minum obat?

Hal inilah yang ditanya seseorang pada forum Tanya Dokter, terkait aturan minum obat yang dianjurkan.

Pada kasus yang seperti ini, berikut jawab dr. Nadia Nurotul Fuadah.

“Sejatinya, memang tidak semua sakit harus langsung ditangani dengan meminum obat. Terkadang, ada juga sakit-sakit yang sifatnya ringan, sehingga bisa membaik sendiri cukup dengan penanganan mandiri,” kata dr. Nadia seperti dikutip FIN dari Alodokter.

Pada kasus di atas, umumnya orang bisa terlebih dahulu banyak-banyak beristirahat, sembari mengatur pola makan dan minum sehat, juga olahraga dan lainnya.

Dan pada kasus sakit ringan seperti di atas, memanfaatkan jenis tanaman obat juga bisa menjadi salah satu jenis penanganan beberapa penyakit ringan.

Hal itu bisa saja dilakukan orang secara mandiri, kata dr. Nadia Nurotul Fuadah, itu jika mereka sudah dibekali dengan pengetahuan yang mumpuni, agar terhindar dari kondisi yang tidak diinginkan.

Namun pada kasus yang lebih serius, atau penyakit yang tidak bisa hanya ditangani secara mandiri, maka konsumsi obat adalah yang sangat dianjurkan.

“Tentu, pengobatan ini pun sepatutnya dilakukan di bawah pengawasan ahlinya, yakni dokter,” tambahnya.

Jadi intinya, ketika gejala sakit yang dirasa masuk dalam kategori ringan, maka penangan secara mandiri tidaklah dilarang.

Namun apabila dengan penanganan mandiri kondisi tidak membaik, maka konsumsi obat, dengan terlebih dahulu memeriksakan diri ke dokter, tentunya adalah penanganan terbaik.


DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: