Fakta Mengejutkan Brigadir J dan Bharada E Saling Canda Tawa Sebelum Baku Tembak, Ini Penjelasan Komnas HAM

Fakta Mengejutkan Brigadir J dan Bharada E Saling Canda Tawa Sebelum Baku Tembak, Ini Penjelasan Komnas HAM

Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam.--PMJnews

JAKARTA, FIN.CO.ID- Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) tengah menyelidiki kasus baku tembak Bharada E yang menewaskan Brigadir Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

Komnas HAM yang dilibatkan oleh kepolisian, telah melakukan pemeriksaan terhadap enam ajudan Ferdy Sambo termasuk Bharada E yang terlibat kasus baku tembak dengan Brigadir J.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, Komnas HAM telah mengantongi sejumlah fakta yang terjadi saat insiden baku tembak sesama anggota polisi di rumah Irjen Pol Ferdy Sambo.

Choirul Anam selaku Komisioner Komnas HAM, menanyakan kepada para ajudan Irjen Ferdy Sambo termasuk Bharada E mengenai situasi dan kondisi baku tembak dengan Brigadir J.

(BACA JUGA:Makam Brigadir J Berhasil Dibongkar, Jenazah Langsung Dibawa ke RS untuk Otopsi)

"Yang kedua kami juga mendalami spektrum sebelum hari H, sebelum Jumat itu kami tarik ke belakang, kami tanya semua apa yang terjadi. Bagaimana peristiwanya, bahkan kondisinya kaya apa," ucap Choirul Anam saat jumpat pers di gedung Komnas HAM, pada Selasa 26 Juli 2022.

Anam meneruskan berdasarkan hasil keterangan para ajudan, sebelum baku tembak, sempat berlangsung interaksi penuh canda tawa dalam suatu pertemuan.

"Kondisi kaya apa, ini salah satu yang penting, misalnya begini, ini kondisinya bercanda-canda, tertawa atau tegang, itu kami tanya di beberapa orang yang ikut dalam forum itu ngomong memang tertawa-tawa," ungkapnya.

"Itu yang kami tanya.Jadi kami lihat spektrum bagaimana kondisinya," sambungnya.

(BACA JUGA:Diperiksa Komnas HAM, Ini yang Disampaikan Bharada E Soal Penembakan)

Selain baku tembak, Anam mendapatkan keterangan yang lebih luas hingga beberapa hari sebelum kejadian berdarah berujung tewasnya Brigadir J.

"Yang kedua kami juga tarik spektrum yang lebih luas, spektrum waktu yang lebih luas, misalnya di Magelang ngapain, baju apa ngapain aja dan sebagainya," ungkapnya.

Bharada E.

Bharada E terlihat ketika memenuhi panggilan Komisi Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) di Menteng Jakarta Pusat, pada Selasa 26 Juli 2022.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Ari Nur Cahyo

Tentang Penulis

Sumber: