Cara Cepat Menyingkirkan Dahak Membandel

Cara Cepat Menyingkirkan Dahak Membandel

Cara Menghilangkan Dahak, Image oleh Alexandr Litovchenko dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Kita sudah sama-sama tau ketika sakit maka minum obat adalah yang diperlukan untuk mempercepat proses penyembuhan, salah satunya keluhan tenggorokan berdahak.

Menurut ahli, via Halodoc, ada beberapa cara yang bisa dilakukan secara mandiri, selain minum obat tentunya, untuk menyingkirkan dahak membandel.

Salah satunya, adalah dengan banyak mengkonsumi minuman hangat. Gunanya untuk meredakan penumpukan dahak di tenggorokan.

(BACA JUGA:Sudah Terlanjur Kena Flu? Gini Cara Mencegahnya agar Tidak Memburuk)

Selain itu, penggunaan pelembab udara atau humidifier juga bisa dimanfaatkan untuk mempercepat proses Anda menyingkirkan dahak.

Dengan begitu, kelembaban tenggorokan dan saluran hidung terjaga, mengurangi lebih banyak lagi produksi dahak.

Minum air lemon atau air jahe menurut sebuah survei, juga baik untuk mengatasi jumlah dahal yang berlebihan pada tenggorokan.
Dan jika Anda memiliki diffuser, Anda bisa memilih minyak esensial seperti minyak peppermint atau minyak kayu putih, untuk disebarkan di sekitar ruangan.

Berkumur dengan air garam juga disebut tidak kalah efektifnya dalam menyingkirkan dahak yang menempel.

Dengan campuran ¾ garam di dalam ½ cangkir air hangat, Anda bisa jauh lebih cepat menyingkirkan lendir yang menempel di tenggorokan.

Agar Tidak Mudah Flu dan Pilek
Berikut ini alasan mengapa orang mampu terhindar dari flu dan pilek, meski hanya sesekali terkena dalam setahun, seperti dilansir laman Grand Parents:

Tertawa
Menurut studi Western Kentucky University, mereka yang tertawa, meski dari tontonan film komedi, memiliki efek terhadap sel NK di dalam tubuh. Benefitnya adalah membunuh mikroba dan kanker.
 
Rajin mencuci tangan
Seperti halnya untuk menghindari COVID, kebiasaan mencuci tangan menurunkan risiko ancaman mikroba yang datang lewat tangan.

Vaksinasi
Seperti halnya vaksin COVID, dunia medis sudah sejak lama menyediakan vaksin khusus flu. Vaksin yang dapat digunakan oleh setiap orang dewasa efektif mencegah anda dari flu sebesar 50-60 persen. Vaksin flu adalah salah satu cara terbaik untuk terhindar dari paparan flu dan pilek.

Hindari rokok
Ketika seseorang merokok, hal ini menyebabkan gangguan pada membran mucus, barisan pertahanan terhadap potensi infeksi.
Kebiasaan orang merokok juga menurunkan sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan.

Tidur yang cukup
Para ahli dari Carnegie Mellon University (CMU) di Pittsburgh mengatakan bahwa, kurang tidur adalah salah satu alasan orang mudah terserang virus dan bakteri penyebab flu dan pilek. Durasi tidur tujuh hingga sembilan jam adalah yang paling dianjurkan.

Rutin olahraga
Dengan berolahraga, tubuh dapat mendorokng produksi sistem kekebalan alami. 45 menit sehari, 5 hari dalam sepekan untuk manfaat sehatnya.

Jadi, Anda tipe orang yang gampang flu dan pilek? Sekang Ada tau bukan apa yang harus dilakukan untuk memangkas risikonya ke depan?

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: