Apa Bahaya Menelan Permen Karet? Ini Kata Dokter

Apa Bahaya Menelan Permen Karet? Ini Kata Dokter

Permen Karet, Image oleh GiselaFotografie dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID – Mengunyah permen karet adalah salah satu aktifitas yang menyenangkan. Tidak hanya membantu menyibukan Anda, mengunyah permen karet yang manis bisa membantu menigkatkan mood Anda.

Namun pada beberapa kasus, orang kerap menelan permen karet, mau disengaja atau tidak.

Pertanyaannya, apakah bahaya jika permen karet tertelan?

Adakah efek samping membahayakan jika permen karet masuk ke dalam sistem cerna, mengingat teksturnya yang lengket itu?

Menurut ahli, pada dasarnya menelan permen karet tidaklah membahayakan, meski tidak anjurkan untuk melakukannya.

“Menelan permen karet secara umum tidak menyebabkan bahaya tertentu,” kata dr. Irna Cecilia seperti dikutip FIN dari Alodokter.

“Permen karet memang tidak dapat dicerna dengan baik di dalam saluran cerna, namun permen karet tidak akan menyebabkan perlengketan ataupun menempel pada saluran cerna,” jelas dr. Irna Cecilia.

Ia melanjutkan, bahwa ketika permen karet dicerna oleh tubuh, maka permen karet ini nantinya akan dikeluarkan lewan poop, mau itu sebagian bahkan bisa dalam keadaan utut.

Akan tetapi, pada kasus tertentu, menelan permen karet memang bisa membahayakan.

“Pada kasus yang sangat jarang, menelan permen karet dalam jumlah banyak dapat menyebabkan sumbatan pada saluran cerna, karena itu tetap tidak disarankan untuk menelan permen karet,” tutup dr. Irna.

Manfaat Permen Karet

Beberapa studi telah menunjukan bahwa mengunyah permen karet sambil melakukan pekerjaan lain dapat meningkatkan beberapa aspek pada fungsi otak.

Adapun peningkatan fungsi otak yang dimaksud, adalah meningkatkan kewaspadaan, daya ingat, pemahaman serta membuat keputusan.

Dari sebuah studi, via Healthline, disebutkan bahwa mereka yang mengunyah permen karet sambil melewati beberapa rangkaian tes, menunjukan peningkatan sebesar 24 persen saat menjalani uji daya ingat jangka pendek, 36 persen lebih baik pada daya ingat jangka panjang.

Menariknya, dalam penelitian lain disebutkan bahwa mengunyah permen karet dalam beraktifitas dapat menyebabkan gangguan konsentrasi (terjadi di awal), namun dapat membantu Anda untuk fokus jika dilakukan dalam waktu yang lama.

Studi lainnya juga menunjukan mengunyah permen karet, setidaknya dalam kurun waktu 2 minggu lamanya, dapat membantu Anda dalam meredakan stress, khususnya stress akibat tuntutan akademis.


DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: