Cara Mengatasi Kulit Belang, dari Wajah, Tangan hingga Kaki

Cara Mengatasi Kulit Belang, dari Wajah, Tangan hingga Kaki

Kulit Belang, Image oleh JerzyGorecki dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Untuk banyak alasan, warna kulit wajah, kaki dan kulit tangan kebanyakan orang memiliki tingkat kecerahan yang berbeda.

Dengan bantuan kecanggihan teknologi medis, masalah kulit belang ini bisa diatasi dengan menjalani prosedur tertentu.

Selain mikrodermabrasi, terapi laser dan chemical peeling dapat dijalani orang untuk mengatasi kulit belang, yang bagi sebagian orang bisa menyebabkan masalah kepercayaan diri.

(BACA JUGA:Manfaat Istimewa Pisang, dari Menyehatkan Kulit hingga Jantung)

Namun taukah Anda jika masalah kulit belang ini bisa juga diatasi dengan beberapa tips, yang tentunya bisa Anda lakukan secara mandiri di rumah.

Menurut ahli, via Halodoc, penggunaan tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV matahari, dapat membantu dalam percepatan proses perbaikan warna kulit.

Adapun spesifikasi tabir surya yang perlu diperhatikan adalah tabir surya dengan Sun Protector Factor (SPF) minimal 30.

Cara mengaplikasikannya adalah dengan dioleskan pada kulit 15 hingga 30 menit sebelum meninggalkan rumah. Ulangi proses ini setiak dua jam sekali.

Penggunaan topi, baju lengan panjang dan sarung tangan, apalagi jika mengendarai motor, atau langsung terpapar sinar matahari, tidak kalah pentingnya untuk mencegah kulit belang.

Selain menggunakan tabir surya, penggunaan lulur yang memiliki butiran halus di dalamnya, bagus intuk proses eksfoliasi.

Fungsi dari lulur di sini adalah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan mengembalikan kecerahan kulit.

Pakai lulur 2 hingga 3 kali dalam sepekan untuk mendapatkan hasil yang diharapkan.

Penggunaan masker alami berbahan buah tomat, kentang, madu, yogurt (pilih salah satu) juga bagus untuk mengatasi kulit belang.

Cara Menghilangkan Stretch Mark

Menurut dr. Amadeo Drian Basfiansa, stretch mark bisa dihilangkan dengan penggunaan krim khusus yang dioleskan pada area terdampak.

“Mengatasi kondisi ini bisa dengan menggunakan krim retinoid seperti obat oles yang mengandung tretinoin, kandungan asam hialuronat,” jelas dr. Amadeo seperti dikutip FIN dari Alodokter.

Selain penggunaan krim, mereka yang punya masalah dengan stretch mark dapat menghilangkannya dengan menjalani:

•    Terapi laser
•    Mikrodermabrasi
•    Microneedling

Semua jenis perawatan ini kata dr. Amadeo Drian Basfiansa bisa didapati dengan mendatangi dokter kulit atau klinik kecantikan terdekat.

Tidak hanya cukup dengan perawatan, mereka dengan masalah stretch mark, lanjut dr. Amadeo, wajib menjaga berat badan yang ideal sebagaimana dianjurkan ahli.

Rutin berolahraga dan menjalani gaya hidup sehat juga esensial dalam perawatan memerangi stretch mark.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: