Moeldoko Minta Komnas HAM Selidiki Dugaan Serangan KKB Papua

Moeldoko Minta Komnas HAM Selidiki Dugaan Serangan KKB Papua

Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko -Risyal Hidayat-(Antara)

JAKARTA, FIN.CO.ID - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko meminta Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menyelidiki kasus serangan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) terhadap warga sipil, di Kampung Nogolait, Kabupaten Nduga, Papua, yang terjadi Sabtu, 16 Juli 2022, lalu.

“Kekerasan yang dilakukan KKB sudah menimbulkan korban jiwa. Dan tidak ada seorang pun yang boleh menghilangkan hak hidup orang. Untuk itu, Komnas HAM harus turun memastikan apakah ada pelanggaran HAM dalam peristiwa itu,” ujar Moeldoko, dalam siaran persnya, Rabu, 20 Juli 2022.

(BACA JUGA:PKS Minta TNI-Polri Lakukan Penyerangan ke Sarang-Sarang KKB)

Moeldoko menyampaikan pemerintah mengutuk keras aksi kejam KKB yang telah menewaskan belasan warga sipil.

Panglima TNI 2013-2015 ini menyebut, aksi KKB merupakan perbuatan kejam dan tidak berperikemanusiaan.

Sebanyak 11 orang yang menjadi korban penembakan dan penganiayaan KKB di Nogolaid, Kabupaten Nduga, Papua dievakuasi ke Timika, Sabtu, 16 Juli 2022.

Komandan Lanud Yohanis Kapiyau Letkol Pnb Slamet Suhartono kepada Antara di Jayapura, Sabtu menyatakan bahwa evakuasi para korban menggunakan empat armada yakni satu pesawat dan tiga helikopter milik TNI-Polri.

(BACA JUGA:Kejam! KKB Bunuh 10 Warga Sipil di Nduga Papua, Salah Satunya Pendeta)

Armada yang dikerahkan untuk mengevakuasi para korban yaitu satu pesawat milik Rimbun Air, helikopter Caracal TNI-AU, helikopter Bell milik Penerbad dan helikopter Polri.

Evakuasi berjalan lancar dengan pengawalan ketat anggota dan saat ini semua korban sudah berada di Timika, jelas Letkol Pnb Slamet.

Sebanyak 11 orang yang menjadi korban penyerangan KKB, 10 diantaranya meninggal dunia yaitu Pdt. Elias Serbaye (54 th), Yulius Watu, (23 th), Habertus Goti (41 th), Daenk Maramli (41 ), Taufan Amir (42 th), Johan (26 th), Alex (45 th), Yuda Hurusinga, Has Jon (41), Sirajudi (27) dan seorang yang alami luka-luka yakni Sudirman.

KKB pimpinan Egianus Kogoya, Sabtu pagi diduga melakukan penyerangan dengan menembaki warga di Nogolaid.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizky Agustian

Tentang Penulis

Sumber: