News

Terungkap! Hasil Pemeriksaan KNKT pada Truk Pertamina Maut, Ternyata Rem Berfungsi dengan Baik

fin.co.id - 20/07/2022, 11:23 WIB

Para petugas saat melakukan pemeriksaan terhadap truk Pertamina maut di Polres Metro Bekasi Kota

BEKASI, FIN.CO.ID - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) telah melakukan pemeriksaan sementara terhadap insiden kecelakaan truk Pertamina maut di Cibubur.

Truk Pertamina tersebut terlibat kecelakaan maut di Jalan Alternatif Cibubur, Kota Bekasi, Jawa Barat, Senin, 18 Juli 2022 pukul 15.55 WIB.

Akibat kecelakaan tersebut sebanyak 10 orang meninggal dunia.

(BACA JUGA: Tragis, Tiga Pasangan Suami Istri Meninggal Dunia Bersamaan dalam Kecelakaan Maut Truk Pertamina)

Senior Investigator KNKT Ahmad Wildan mengatakan pihaknya telah melakukan pemeriksaan terhadap truk tangki Pertamina tersebut.

Pemeriksaan terkait sistem pengereman yang sebelumnya diduga menjadi pemicu kecelakaan.

"Saya langsung memeriksa sistem pengremannya, sesuai dengan penjelasan pengemudi apa saja yang kemarin diduga menjadi penyebab," kata Ahmad Wildan saat dikonfirmasi, Rabu 20 Juli 2022.

(BACA JUGA: Ini Dia Dua Tersangka Kecelakaan Maut Truk Pertamina di Bekasi )

Berdasarkan hasil pemeriksaan sementara, sistem pengereman truk tangki Pertamina tersebut dalam kondisi baik dan tidak ada kerusakan.

"Sebenarnya gak ada masalah, cuma ada beberapa hal menyebabkan, tapi belum bisa saya sampaikan," ungkapnya.

Untuk pemeriksaan lebih lanjut, KNKT nantinya akan memanggil pihak montir untuk memastikan pengereman karena sebelumnya tidak ditemukan adanya kerusakan.

Meski tidak ditemukan adanya kerusakan pada sistem pengereman, KNKT harus tetap melakukan pengujian kembali terhadap truk tersebut.

"Kami rencananya akan mencari bengkel tertentu, akan kami lakukan uji hipotesa saya betul apa tidak," jelasnya.

Selain itu KNKT masih belum dapat memastikan kapan hasil pengujian ulang dapat keluar, hal tersebut dikarenakan pihaknya harus mendatangkan alatnya terlebih dahulu. 

Sebelumnya Polda Metro Jaya telah melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) kecelakaan truk tangki Pertamina di Jalan Alternatif Cibubur, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Admin
Penulis
-->