Lutut atau Kaki Terasa Nyeri ketika Disentuh? Ini 4 Penyebabnya Menurut Dokter

Lutut atau Kaki Terasa Nyeri ketika Disentuh? Ini 4 Penyebabnya Menurut Dokter

Lutut, Image oleh Angelo Esslinger dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Kaki atau lutut terasa nyeri ketika disentuh, terutama setelah duduk atau terbangun dari jatuh, adalah apa yang sedang Anda keluhkan saat ini.

Dan menurut pendapat ahli, apa yang Anda alami saat ini mungkin bukan cuma masalah kecil, dan memerlukan perawatan medis.

Masalah seperti lutut atau kaki yang nyeri ketika sentuh menurut dr. Talitha Najmilah Sabtiari, salah satunya disebabkan oleh fraktur atau tulang yang patah.

(BACA JUGA:Lutut Nyeri dan Kerap Mengeluarkan Bunyi saat Bergerak? Ini Penyebabnya Menurut Dokter)

Jika bukan karena patah tulang, dislokasi tulang dan cedera otot juga dapat bertanggungjawab atas kondisi ini.

Selain itu, kondisi seperti osteoarthritis juga bisa menyebabkan keluhan seperti nyeri lutut dan kaki ketika disentuh.

“Sebaiknya, periksakanlah ke dokter untuk evaluasi lebih lanjut, ya. Dokter akan menanyakan riwayat keluhan secara lengkap, melakukan pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang yang relevan,” kata dr. Talitha Najmilah Sabtriari.

“Termasuk rontgen tulang lutut dan kaki sehingga dokter dapat menentukan penyebab kondisi yang Anda alami dan memberikan terapi yang sesuai,” sambungnya seperti dikutip FIN dari Alodokter.

Sementara itu untuk meredakan nyeri pada kaki atau lutut yang terdampak, Anda bisa melakukannya dengan memberi kompres es pada bagian yang dirasa nyeri.
 
Penggunaan perban elastis dan minum obat Pereda nyeri seperti paracetamol juga dapat membantu mengurangi rasa nyeri yang dikeluhkan
Selain pantang dipijat, mereka yang nyeri lutut dan kaki ketika disentuh dilarang untuk mengangkat benda berat, atau melakukan aktifitas yang melibatkan penggunaan lutut secara berlebihan.

Nyeri yang Muncul hanya saat Lutut Ditekuk

Menurut ahli, via Spring Lordeo, kondisi bernama Patellar arthritis. Mereka yang menderita kondisi ini, adalah mereka yang menunjukan rasa sakit ketika lututnya ditekuk.

Aktifitas seperti squat jump, atau bahkan saat Anda sekedar jongkok, dapat menyebabkan rasa sakit di bagian depan sendi lutut.

Jika tidak ada yang serius, rasa nyeri pada lutut harusnya dapat hilang dengan sendirinya, antara 1 hingga 2 pekan, cukup dengan beristirahat.

 Pada kasus  trauma olahraga, waktu satu tahun, selain bantuan operasi, dibutuhkan untuk memulihkan lutut yang terdampak.

Pada mereka yang mengalami radang sendi lutut serius, masalah ini, dapat berlangsung seumur hidup.


DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: