Tangerang

Tiba di Tanah Air, Jamaah Haji Indonesia: Jamaah Kita Paling Tertib dan Diapresiasi Arab Saudi

fin.co.id - 19/07/2022, 18:08 WIB

Ilustrasi keberangkatan jemaah haji.

TANGERANG, FIN.CO.ID - Rombongan jamaah haji asal Indonesia disebut paling tertib saat berada di Tanah Suci Mekkah. 

Buntutnya mendapatkan apresiasi dari pemerintah Arab Saudi.

Hal itu diungkapkan oleh Mas Udi (51), salah seorang jamaah haji asal Kabupaten Tangerang, Banten, kloter 05 JKG yang baru saja tiba pada dini hari tadi, Selasa 19 Juli 2022.

"Jamaah haji asal Indonesia termasuk yang paling tertib, bahkan kita mendapat sambutan yang luar biasa dari bangsa-bangsa lain, termasuk juga oleh pemerintah Arab Saudi," kata Mas Udi yang merupakan Jamaah Haji asal Kecamatan Kemiri tersebut.

Dia juga mengaku bersyukur bisa menjalankan ibadah haji dengan penuh kemudahan dengan layanan yang cukup baik dari panitia penyelenggara ibadah haji (PPIH) Indonesia.

Oleh sebab itu, seluruh rangkaian ibadah haji tahun 2022 tersebut bisa diikuti dengan tertib oleh seluruh jamaah haji asal Indonesia.

"Alhamdulillah luar biasa bersyukur kepada Allah SWT, saya termasuk orang yang bisa menjalankan ibadah haji dalam keadaan penuh dengan kemudahan-kemudahan, mungkin karena kesiapan pemerintah yang luar biasa," tuturnya.

Menurutnya, biaya ibadah haji di Indonesia juga termasuk yang paling murah dari negara-negara lain. 

Pasalnya, dari penuturan jamaah dari negara lain seperti dari Thailand, biaya haji mereka jika dirupiahkan mencapai Rp108 juta.

"Indonesia termasuk paling murah, karena sebenarnya biaya haji kita Rp81 juta karena ada support dana dari pemerintah yang dibayarkan hanya Rp31 juta," terangnya.

Hal serupa juga diutarakan oleh Usy salah seorang jamaah haji wanita asal Kabupaten Tangerang, Banten.

Bahwa, semua proses rangkaian ibadah haji berjalan dengan lancar tanpa ada kendala yang berarti.

Termasuk semua fasilitas dan layanan kepada para jamaah diberikan dengan sangat baik oleh panitia penyelenggara.

"Alhamdulillah, pelayanan juga bagus, makan pun kalau dulu 2 kali sekarang dapat 2 kali, kami sangat terharu karena semuanya diberi kemudahan," tandasnya. Rikhi Ferdian

 

Admin
Penulis
-->