Apa Benar Gula Batu Lebih Aman Dikonsumsi daripada Gula Pasir? Ini Kata Ahli

Apa Benar Gula Batu Lebih Aman Dikonsumsi daripada Gula Pasir? Ini Kata Ahli

Gula Batu, Image oleh pasja1000 dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Ada klaim di luar sana yang mengatakan bahwa gula batu lebih aman untuk dikonsumsi, dari pada gula pasir. Benarkah demikian?

Well, menurut ahli, via Halodoc, baik gula batu maupun gula pasir adalah sama-sama buruk untuk kesehatan, terlebih jika dikonsumsi secara berlebihan.

Mengapa demikian, karena dari kandungannya saja, keduanya terbuat dari sukrosa, hanya ada selish 0,21 persen saja.

Kedua, meski pada gula batu mengandung lebih banyak air, karena proses pembuatannya, namuan per 100 gram gula batu dan gula pasir, keduanya sama sama tinggi akan karbohidrat.

(BACA JUGA:Jahatnya Gula Pasir Menurut dr. Zaidul Akbar)

(BACA JUGA:Apa Boleh Mengganti Gula Pasir dengan Madu jika Diabetes? )

Jadi jika dilihat secara keilmuwan, tidak ada fakta medis yang menyebutkan bahwa gula batu lebih aman dikonsumsi ketimbang gula pasir.

Adapun batas aman konsumsi gula harian yang di angka 50 gram per harinya, atau setara empat sendok makan.

Meski begitu, para ahli tetap menyarankan orang untuk membatasi konsumi gula hariannya, di bawah dari jumlah yang direkomendasikan, atau sekitar 25 gram (2 sendok makan) per hari.

Pengganti Gula yang Lebih Manis dari Gula

Sejak dulu yang namanya diabetes itu dikaitkan dengan salah satunya konsumsi makanan dan minuman manis.

Dengan membatasi konsumsi yang demikian, orang bisa jadi terhindar atau memangkas risiko mereka terkena diabetes di kemudian hari.

Atau mereka yang sudah terlanjur diabetes, sangat diwajibkan untuk memperhatikan konsumsi harian mereka, akan sesuatu yang berbau manis.

Namun pertanyaannya, adakah yang bisa digunakan orang untuk tetap bisa mencicipi rasa manis, namun tidak meningkatkan risiko diabetes, atau merusak kontrol kadar gula harian mereka, ketika sudah terlanjur diabetes?

Jawabannya menurut ahli adalah stevia. Menurut Alodokter, stevia ini mulai dilirik sebagai pengganti gula biasa.

Menariknya, meski jauh leih manis dari gula pada umumnya, stevia ini tidak mengandung kalori, sehingga aman untuk mendukung gaya hidup sehat dan diet harian.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: