Kekurangan Vitamin yang Satu Ini Bikin Orang Kena Depresi

Kekurangan Vitamin yang Satu Ini Bikin Orang Kena Depresi

Depresi, Self Harm | Image oleh 1388843 dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Taukah Anda jika depresi disebabkan salah satunya akibat seseorang mengalami kekurangan vitamin, dalam hal ini defisiensi vitamin B12.

Menurut ahli, manusia membutuhkan sebanya 2,4 mikrogram setiap harinya. Akan tetapi, jumlah itu terkadang sulit untuk dipenuhi.

Penyebabnya adalah pola makan yang salah, atau kondisi kesehatan tertentu yang menyebabkan tubuh kesulitan untuk menyerapnya ke dalam sistem.

(BACA JUGA:Efek Punya Banyak Teman bagi Mereka yang Depresi)

Mereka yang punya masalah pencernaan, seperti penyakit Celiac dan penyakit Crohn, adalah mereka yang kesulitan menyerap Vitamin B12 ke dalam tubuh mereka.

Orang yang sudah lanjut usia dan mereka yang menjalani gaya hidup vegetarian juga berpotensi alami kekurangan vitamin B12.

Tidak ingin hal ini terjadi pada Anda, memilih jenis makanan yang tepat, sangatlah penting untuk memenuhi kebutuhan tubuh Anda akan vitamin B12.

Ahli sendiri via Halodoc berpendapat, bahwa cara yang paling baik untuk memenuhi kebutuhkan tubuh akan vitamin 12, adalah dengan pemilihan makanan yang tepat.

Adapun beberapa jenis makanan yang dianjurkan di sini untuk mencegah depresi, adalah seperti ikan, daging tanpa lemak, ungags, telur, susu rendah lemah.

Beberapa jenis sereal juga yang kaya akan vitamin 12 juga dianjurkan mencegah defisiensi vitamin B12 terjadi.

Terkait dengan penggunaan suplemen B12 untuk mengobati depresi, sangat dianjurkan untuk terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter, untuk mengetahui efek suplemen B12 dan reaksinya terhadap obatan tertentu yang mungkin dikonsumsi.

Anda Kerap Menangisi Diri Sendiri? Itu Ciri Depresi

Anda kerap menyalahkan diri sendiri atas apa yang terjadi dalam hidup Anda.

Anda juga kerap merasa menjadi sosok yang gagal dalam hidup, selain juga menangisi diri Anda sendiri.

Menurut ahli, beberapa keluhan di atas ini bisa dikaitkan dengan sebuah kondisi bernama depresi.   

Ketika dibiarkan, kondisi ini kata dr. Riska Larasati, dikhawatirkan bisa menjadi serius dan membutuhkan penanganan medis oleh ahli.

“Bila kondisi yang dialami terjadi secara berlarut-larut, maka kemungkinan dapat menjadi tanda gangguan mental, dan perlu segera mendapatkan penanganan agar tidak berlanjut atau semakin parah,” kata dr. Riska Larasati seperti dikutip FIN dari Alodokter.

Mengapa perlu segera mendapatkan penanganan ahli, karena depresi lanjut dia, dapat memicu gangguan mood, hingga yang paling parah munculnya keinginan untuk mengakhiri hidup.

Untuk mengatasi masalah ini, mereka yang depresi disarankan untuk sesegera mungkin mencari pertolongan ahli.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: