Empat Jenis Penyakit yang Bisa Ditularkan Orang di Toilet Umum

Empat Jenis Penyakit yang Bisa Ditularkan Orang di Toilet Umum

Toilet, Ilustrasi oleh Azmi Talib dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Ketika seseorang kebelet saat sedang berada di area publik, maka toilet umum adalah satu-satunya tempat untuk mereka menyalurkan ‘panggilan alam’ itu.

Namun sebanyak apa yang Anda ketahui soal kebersihan toilet umum, dan penyakit apa saja yang bisa ditularkan orang lain pada Anda lewat akses toilet umum?

Well, menurut pendapat ahli, via Halodoc, setidaknya terdapat empat jenis penyakit yang bisa ditularkan orang lewat penggunaan toilet umum.

(BACA JUGA:Tiga Jenis Penyakit Ini Sebabkan Haid datang Lebih Cepat dari Biasanya)

Yang pertama adalah infeksi usus, kondisi yang disebabkan oleh paparan E. coli, Streptococcus, Staphylococcus dan Shigella. Beberapa jenis bakteri ini menurut ahli, dapat bertanggungjawab atas beberapa kondisi seperti kram perut, disentri hingga diare akut.

Gak cuma di atas, Streptococcus juga disebut dapat menyebabkan masalah seperti infeksi paru-paru dan kulit, selain juga pneumonia, keracunan makanan, dan lainnya.

Selain infeksi bakteri, infeksi virus juga menghantui orang yang menggunakan toilet umum. Beberapa virus seperti flu biasa, influenza, norovirus adalah beberapa jenis virus yang bisa menjangkit orang ketika mereka berada di toilet umum.

Virus hepatitis A menurut ahli, juga bisa ditularkan orang satu kelainnya melalui toilet umum, biasanya menempek di dudukan toilet.

Virus influenza dan norovirusbahkan adalah beberapa jenis virus yang disebut mampu bertahan berhari-hari di permukaan toilet duduk.

Agar Terhindari dari Paparan Bakteri dan Virus di Toilet Umum

Ahli menganjurkan orang untuk selalu menggunakan pembersih tangan atau tisu saat membuka pintu toilet.

Pastikan tidak memegang langsung dudukan toilet atau terlebih dahulu membersihkan dudukan dengan tisu.

Saat menggunakan flush toilet juga disarankan tidak menyentuh langsung dengan tangan, dengan cara menggunakan tisu tentunya.

Mencuci tangan dan menggunakan tisu untuk mengeringkan tangan juga tidak kalah pentingnya untuk mencegah dari hal yang tidak diinginkan.

Anda sedang punya masalah dengan diare, flu atau beberapa jenis infeksi seperti di sebut di atas, kesalahan Anda dalam menggunakan toilet umum mungkin penyebabnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: