Tiga Jenis Penyakit Ini Sebabkan Haid datang Lebih Cepat dari Biasanya

Tiga Jenis Penyakit Ini Sebabkan Haid datang Lebih Cepat dari Biasanya

Haid Datang Lebih Cepat, Menstruasi, Datang Bulan | Image oleh gingeru2021 dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Seperti dibahas FIN dalam artikel sebelumnya, salah satu masalah kewanitaan yang kerap dihadapi kaum wanita, adalah terlambat atau telat datang bulan.

Namun pada kasus lain kaum wanita justru ada yang mengalami kebalikan dari yang di atas, yakni haid datang lebih cepat dari seharusnya. 

Pertanyaannya, apa penyebab haid datang lebih cepat dari biasanya, dan apakah kondisi ini berbahaya dan perlu dikhawatirkan?

(BACA JUGA:Sudah Lebih dari Sebulan Telat Haid tapi Hasil Test Pack Negatif, Ini Beberapa Penyebabnya Menurut Dokter)

Jawabnya menurut ahli, adalah tentu saja tidak, dan bahwa tidak ada yang perlu ditakuti apa bila hal ini terjadi pada Anda, terlebih jika baru pertama kali mengalaminya.

“Jika Anda mengalami siklus yang tidak teratur, dan baru terjadi 1 siklus, anda jangan buru-buru merasa khawatir,”  kata dr. Alyssa Diandra seperti dikutip FIN dari Alodokter.

Menurut dr. Alyssa Diandra, orang yang terlalu cepat datang bulan bisa jadi sedang bergelut dengan masalah pribadi seperti stress atau pola hidup tertentu.

“Pola hidup yang kurang sehat seperti pembatasan asupan makanan berlebihan, kelelahan fisik serta kurang istirahat (dapat memicu hal ini),” terang dia.

Mereka yang punya stress psikis, juga sebut kerap melaporkan haid yang datang terlalu cepat.

Akan tetapi, lanjut dr. Alyssa Diandra, haid yang datang terlalu cepat ternyata juga bisa dipicu oleh masalah kesehatan tertentu.

“Adanya kondisi klinis tertentu seperti radang panggul, sindrom polikistik ovari, endometriosis (dapat menyebabkan orang alami haid datang terlalu cepat),” ungkap dia.

Mereka yang hamil, sudah aktif berhubungan suami istri tanpa menggunakan pengaman, atau menggunakan alat kontrasepsi, juga disebut bertanggungjawab atas datang siklus menstruasi yang datang lebih dini.

Agar Menstruasi Lancar setiap Bulannya

Berikut beberapa tips untuk menjaga konsistensi siklus bulanan Anda seperti dikutip FIN Dari Halodoc:

1.    Jaga Berat Badan Ideal

Mengapa demikian karena menurut ahli, berat badan yang kurang atau berlebih dapat mempengaruhi produksi hormone tertentu dalam tubuh, berkontribusi pada gangguan menstruasi.

2.    Manajemen Stress

Menurut sebuah studi, ketika seseorang stress maka akan memicu produksi hormone progesterone. Fungsinya untuk memangkas kecemasan. Akan tetapi punya efek samping terhadap siklus menstruasi.

3.    Jaga Pola Tidur Sehat

Mereka yang punya masalah dengan insomnia atau suka begadang, akan punya masalah dengan ketidakseimbangan pada hormone mereka. Efeknya Anda sudah bisa menebak sendiri bukan.

4.    Makan Nanas

Mengandung bromelain, enzim ini dapat membantu melancarkan siklus bulanan wanita.


DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: