Jenis Musik Ini Bisa Ubah Orang Sedih Jadi Senang

Jenis Musik Ini Bisa Ubah Orang Sedih Jadi Senang

Aplikasi Musik, Image oleh Karolina Grabowska dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Sebagian orang mungkin berpikiran bahwa menangis gegara mendengarkan musik, adalah salah satu ciri atau pertanda orang alami depresi.

Padahal menurut sebuah studi, menangis sambil mendengarkan musik itu punya manfaatnya tersendiri untuk kesehatan mental seseorang.

Diungkap ahli pada Scientific Reports, menangis sambil mendengarkan lagu itu dapat meningkatkan perasaan Bahagia seseorang, dan dalam waktu yang bersamaan juga suasana hatinya.

(BACA JUGA:Sedih, Istri Setiap Malam Tunggu Suami Pulang Kerja, Ternyata Sudah Cerai, tapi Istrinya Gak Pernah Inget)

Kesimpulan ini didapati ahli setelah melibatkan beberapa partisipan yang dibagi menjadi dua kelompok.

Kelompok satu adalah mereka yang menangis saat mendengarkan musik, dan kelompok lainnya adalah mereka yang merinding kala lagu sedih diputar.

Dari situ, bisa diambil kesimpulan bahwa jika Anda sedang dirundung sedih, maka cobalah untuk meluapkan perasaan itu dengan mendengarkan musik sedih yang bisa menitikan air mata.

Dari situ pula ditemukan bahwa kedua kelompok ini melaporkan perubahan emosi dalam diri mereka, dan perasaaan senang adalah efek dari mendengarkan musik sedih itu.  

Studi Lain soal Musik Sedih

Anda pastinya tahu jika musik memiliki efeknya tersendiri terhadap mood manusia.  

Bagi kebanyakan orang, musik mungkin tidak meninggalkan banyak kesan, namun berbeda dengan mereka yang depresi.  

Menurut sebuah studi, sebagaimana dilaporkan Digest, pada mereka yang depresi, musik bisa menjadi teman tersendiri bagi mereka dengan kondisi ini.  

Akan tetapi bukan sembarang musik. Menurut studi yang dirilis pada jurnal Emotion itu, musik dengan energi yang rendah, dalam hal ini musik sedih, merupakan penenang jiwa bagi yang depresei.

Namun bertentangan dengan apa yang dikira banyak orang, musik sedih ini, dapat digunakan sebagai media yang bahkan mampu mengangkat akan semangat dan mood mereka.  

Menurut para partisipan yang terlibat dalam studi, yang dilakukan peneliti dari University oF South Florida di AS itu, musik sedih dibanding jenis musik lain, memiliki efek yang mampu merelaksasi tubuh dan menenangkan pikiran.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: