Jokowi Ajak UMKM Incar Pasar Ekspor

Jokowi Ajak UMKM Incar Pasar Ekspor

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri langsung pembagian bantuan ATENSI dari Kemensos untuk masyarakat Subang. (dok. Kemensos)--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) mengincar pasar ekspor tanpa melupakan pasar dalam negeri yang memiliki peluang sangat besar.

"Yang kecil-kecil ini harus mulai mengincar ke pasar-pasar ekspor, meskipun jangan juga meninggalkan pasar dalam negeri, karena market kita, pasar kita, adalah besar sekali," kata Presiden Jokowi dalam acara Pemberian Nomor Induk Berusaha (NIB) Pelaku UMK Perseorangan Tahun 2022 di Jakarta, Rabu, 13 Juli 2022.

(BACA JUGA:KSPPS Firdaus Berkah Bersama Nikmati 'Sentuhan' Pemerintah Melalui LPDB-KUMKM)

Jokowi mengatakan produk-produk UMKM nasional sudah memiliki kemasan yang baik dan menunjukkan produk lokal sudah menuju pada sebuah kualitas yang lebih baik. Menurut Presiden Jokowi, hal tersebut perlu diteruskan agar level UMKM meningkat ke level lebih tinggi, sehingga produk-produknya mudah masuk ke pasar ekspor.

"Hati-hati sekarang batas antar-negara itu sudah tidak ada. Ekspor ke semua negara sangat mudah sekali," ujar Jokowi.

Jokowi juga mendorong para pelaku UMKM memanfaatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) di bank dengan bunga tiga persen, mengingat saat ini yang masih belum tersalurkan sebesar Rp185 triliun.

(BACA JUGA:DPR Pastikan Nelayan dan Pelaku UMKM Tetap Dapat Beli BBM Subsidi)

"Karena itu berasal dari dana PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional)," jelas Jokowi.

Jokowi juga mengajak pelaku UMKM segera mengurus NIB untuk memudahkan dalam mengambil kredit perbankan, serta menerima bantuan pemerintah.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizky Agustian

Tentang Penulis

Sumber: