Pemkab Tangerang Terus Kejar Capaian Vaksin Booster, Satgas: Yang Masih Rendah Daerah Pantura

Pemkab Tangerang Terus Kejar Capaian Vaksin Booster, Satgas: Yang Masih Rendah Daerah Pantura

Pelaksanaan program vaksinasi booster di Kabupaten Tangerang-Rikhi Ferdian untuk FIN.CO.ID-

TANGERANG, FIN.CO.ID -- Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, mencatat 586.043 orang di daerah itu sudah disuntik vaksin booster atau dosis penguat.

Berdasarkan jumlah tersebut cakupan vaksin dosis kedua di Kabupaten Tangerang sudah mencapai 26,7 persen.

"Sampai hari ini yang sudah divaksin booster di Kabupaten Tangerang sebanyak 586.043 orang, cakupannya mencapai 26,7 persen," kata juru bicara Satgas Covid-19, dr. Hendra Tarmizi, Senin 11 Juli 2022.

Dijelaskan Hendra, cakupan vaksinasi booster yang masih dibawah 50 persen itu dikarenakan sebelumnya masyarakat kurang antusias untuk melakukan vaksin dosis ketiga.

Terlebih, di daerah pantai utara (Pantura) Tangerang yang memang masyarakatnya sebagai nelayan, merasa mobilitasnya tidak terlalu tinggi dan tidak bepergian jauh, selain ke laut.

"Paling rendah di daerah Pantura karena memang masyarakatnya mayoritas nelayan sehingga merasa tidak perlu untuk mengikuti vaksinasi Covid-19," ujarnya

Meski demikian, Pemerintah Kabupaten Tangerang terus berupaya mengejar target cakupan vaksinasi Covid-19, dengan tetap membuka layanan vaksinasi di seluruh fasilitas kesehatan.

Kata Hendra, hingga kini gerai-gerai vaksinasi di seluruh puskesmas di daerah setempat juga masih membuka layanan vaksinasi, untuk mengejar target cakupan vaksinasi booster.

"Untuk vaksin booster target sasaran minimal 50 persen, ini masih kita kejar, kalau memang nanti ada permintaan untuk membuka gerai vaksin di tempat-tempat publik seperti mal, kita juga akan buka di sana," terangnya

Sementara, lanjut dia, untuk cakupan vaksinasi Covid-19 dosis pertama saat ini sudah mencapai 79,9 persen. Dengan jumlah yang sudah divaksin sekitar 2,2 juta orang dari target sasaran 2,8 juta orang.

Sedangkan untuk dosis kedua, cakupan vaksinasinya mencapai sekitar 1,9 juta orang dengan persentase sasaran sebesar 67,9 persen.

"Tahap pertama dan kedua sudah hampir  melebihi di atas 70 persen sekarang tinggal kita kejar capaian boosternya," terangnya

Ia pun mengajak seluruh masyarakat di Kabupaten Tangerang agar dapat kembali melakukan vaksinasi Covid-19, baik itu pada dosis lengkap maupun penguat. 

Karena hal itu penting sebagai meningkatkan daya imunitas tubuh dari paparan virus corona.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: