Kurangi Sampah Plastik, Pemkab Tangerang Jadikan Daun Pisang Sebagai Wadah Daging Kurban Iduladha

Kurangi Sampah Plastik, Pemkab Tangerang Jadikan Daun Pisang Sebagai Wadah Daging Kurban Iduladha

Panitia membagikan daging hewan kurban menggunakan pembungkus daun pisang-Rikhi Ferdian-fin.co.id

TANGERANG, FIN.CO.ID - Cara berbeda dilakukan panitia kurban di Kecamatan Sepatan, Kabupaten Tangerang, Banten, saat menyalurkan daging kurban pada masyarakat.

Ya, dalam pembagian daging kurban itu panitia tidak lagi menggunakan kantong plastik. Tetapi menjadikan daun pisang sebagai wadahnya.

Hal ini dilakukan menyusul adanya Imbauan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) setempat, melalui Surat Edaran (SE) No.660.2/2503/DLHK tentang Hari Raya Iduladha 1443 Hijriah Tanpa Sampah Plastik.

(BACA JUGA:Momen Bahagia Saat Warga Binaan di Lapas Kelas IIA Kota Bekasi Sembelih Hewan Kurban)

Surat Edaran tersebut ditujukan kepada camat, lurah/kepala desa, dan masyarakat/panitia pelaksanaan kegiatan Iduladha di wilayah Kabupaten Tangerang.

"Kami mengajak masyarakat untuk berpartisipasi mengurangi sampah plastik saat lebaran Iduladha ini, karena realitas distribusi daging kurban berpotensi menimbulkan sampah plastik dari penggunaan kantong plastik sekali pakai," kata Kepala DLHK Kabupaten Tangerang, Achmad Taufik, Minggu 10 Juli 2022.

Imbauan tanpa plastik tersebut juga sebagai implementasi program pengurangan dan penanganan sampah dengan keterlibatan masyarakat.

(BACA JUGA:Ngamuk Saat akan Dipotong, Seekor Kerbau Kurban Ditembak Mati Polisi di Area Bandara Soetta)

Pemerintah Kabupaten Tangerang mengimbau dan mengajak panitia untuk membagi daging kurban tidak menggunakan kantong plastik.

"Jadi masyarakat untuk membawa wadah sendiri yang dapat dipakai ulang untuk mewadahi pembagian daging kurban," katanya.

Untuk mengganti kantong plastik, maka masyarakat bisa memakai wadah daging kurban dengan menggunakan daun.

Misalnya, daun pisang atau daun jati, wadah anyaman bambu (besek) atau wadah lain yang tersedia di daerah masing-masing.

"Pakai wadah yang dapat digunakan ulang atau dapat dikomposkan dan tidak menimbulkan sampah plastik," jelasnya.

Panitia kurban juga dapat menyediakan sarana dan prasarana pengolahan sampah berupa tempat sampah terpilah dan alat pengumpul sampah terpilah, di lokasi pelaksanaan salat Iduladha dan pembagian daging kurban.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: