Ingin Menambah Tinggi Badan? Ini Dokter yang Tepat untuk Anda Konsultasi

Ingin Menambah Tinggi Badan? Ini Dokter yang Tepat untuk Anda Konsultasi

Tinggi Badan, Image oleh StockSnap dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Untuk alasan yang hanya Anda ketahui, Anda kini tengah berupaya untuk meningkatkan tinggi badan Anda.
 
Pertanyaannya, jika Anda harus berkonsultasi dengan ahli, ke mana harusnya Anda pergi untuk mendapatkan penanganan yang tepat?

“Anda bisa berkonsultasi dengan dokter orthopedi supaya bisa dilakukan evaluasi terhadap kondisi tulang Anda,” kata dr. Devika Yuldharia seperti dikutip FIN dari Alodokter.

(BACA JUGA:Badan Mudah Berkeringat dan Kaki Suka Gemetaran? Ini Penyebabnya Kata Dokter Nadia)

“(Dengan begitu) Anda dapat diberikan penanganan yang lebih tepat apabila diperlukan,” tambahnya.

Sementara itu soal tinggi badan seseorang, dr. Devika Yuldharia menekankan bahwa hal ini sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk salah satunya keturunan.

“Tinggi badan seseorang dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti tinggi badan orang tua, nutrisi, aktivitas yang dilakukan, hormon, dan lingkungan,” jelas dia.

dr. Devika juga menambahkan, bahwa seseorang masih bisa menambah tinggi badannya, selam potensi itu masih terbuka dan harus memenuhi requirement tertentu.

“Selama lempeng epifisis pada tulang belum menutup, maka orang tersebut masih bisa bertambah tinggi. Umumnya lempeng epifisis akan menutup di usia 16-22 tahun,” ungkap dia.

Hindari Hal Ini jika Ingin Punya Badan Lebih Tinggi

Tidak hanya cedera kaki saja yang bisa menghambat pertumbuhan tinggi badan. Jenis olahraga tertentu juga disebut memiliki efek yang kurang lebih sama.

“Menurut beberapa sumber, berlebihan melakukan olahraga olah otot di usia pertumbuhan berisiko membuat energi teralihkan dalam pembentukan massa otot tersebut, dan bukannya terfokus pada pertumbuhan tinggi badan,” ungkapnya.

Jadi, bukannya melarang olahraga yang dikhususkan untuk membentuk otot, akan tetapi membatasinya, terlebih pada usia pertumbuhan, lebih dianjurkan untuk menghindari terhambatnya pertumbuhan tinggi badan.

Adapun tips lain yang bisa dipraktekan untuk menambah tinggi badan, selagi Anda masih dalam usia yang memungkinkan Anda tumbuh, adalah dengan menggunakan jasa ahli.

“Untuk mengoptimalkan pertumbuhan tinggi badan, silakan Anda berkonsultasi dengan dokter atau personal trainer terdekat,” ujarnya menyarankan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: